icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja
Siker.id | 15 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Tipe pemimpin rapat (siker)

siker.id - Kamu biasanya mampu menghadiri meeting minimal dua-tiga kali dalam seminggu. Dalam setiap kali kesempatan rapat, kamu pasti akan berhadapan dengan beragam tipe pemimpin rapat. Hal ini normal, karena setiap orang pasti punya karakter dan kepribadian yang berbeda. Uniknya, kepribadian manusia cenderung menonjol lebih nyata dalam area yang kecil dan terbatas, seperti ruang meeting. Berikut ini adalah beberapa tipe pemimpin yang mungkin biasa kamu temui di berbagai kesempatan rapat kerja.

Baca juga: 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Oleh Pemimpin

Tipe bos

Tipe pemimpin dalam rapat ini hampir selalu ingin menunjukkan skill leadership mereka dan bertanggung jawab atas segala hal. Kadang sikapnya yang “suka menguasai” bisa terkesan menyebalkan. Cara agar rapat efektif jika kamu tipe pemimpin bossy: Berikan kesempatan bagi setiap anggota menyuarakan pendapat, idenya, keprihatinan, hingga mengajukan pertanyaan untuk memotivasi mereka lebih produktif selama meeting. Komunikasi secara terbuka dengan setiap anggota agar tidak memunculkan keambiguan atau keraguan. Ketika jalur komunikasi terbuka dan tidak didominasi oleh satu orang, setiap anggota dapat bekerja sesuai ekspektasi dan tidak mudah kehilangan semangat.

Tipe leader

Tipe pemimpin seperti ini yang memfasilitasi dan menentukan tone serta agenda rapat, sekaligus yang memastikan setiap orang berkontribusi. Ia dapat mengarahkan dan mengevaluasi bagaimana tim bekerja sama sebagai satu kesatuan. Tipe pemimpin ini juga tahu kapan dan bagaimana cara mendengarkan setiap suara anggota rapat, serta bertindak cepat untuk menengahi konflik. Cara agar rapat efektif jika kamu tipe leader: Uraikan tujuan meeting dengan jelas di awal pertemuan sehingga semua anggota memiliki arah pemikiran yang sama. Delegasikan peran yang jelas pada setiap anggota untuk menghindari agenda meeting jadi keluar jalur.

Baca juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

Tipe sensitif

Kebanyakan dari kita mungkin menganggap tipe orang seperti ini kurang layak dijadikan pemimpin rapat. Akan tetapi, seseorang yang emosional bisa sangat peka terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Tipe pemimpin rapat yang sensitif biasanya dapat dijadikan penasihat terpercaya. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa otak orang yang sensitif cenderung lebih aktif untuk memusatkan perhatian serta membuat perencanaan dan tindakan. Maka itu, mereka memiliki intuisi yang tajam untuk membantu proses pembuatan keputusan penting.

Sekian artikel tentang tipe-tipe pemimpin rapat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Memilih Pemimpin Kerja yang Baik


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar