3 Gaya Kepemimpinan yang Perlu Dihindari di Tempat Kerja
Siker.id | 15 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Gaya kepemimpinan yang harus dihindari (siker)

siker.id - Posisi kita di tempat kerja tidak bisa ditebak, karena ada kalanya bekerja sebagai individualis tapi juga ada masanya dimana menjadi anggota atau bahkan ditunjuk sebagai ketua tim. Tapi apa pun posisinya, yang terpenting adalah kamu bisa menyesuaikan dan memposisikan diri dengan baik. Terutama ketika ditunjuk menjadi ketua tim kerja, yang mana bagi sebagian orang hal ini dapat membuatnya besar kepala hingga bersikap toxic. Maka dari itu perlu untuk tahu kepemimpinan toxic seperti apa yang harus dihindari ketika menjadi ketua tim di tempat kerja.

Baca juga: 3 Manfaat Menjadi Seorang Pemimpin

Suka memburu-buru waktu untuk menyelesaikan pekerjaan

Kepemimpinan toxic yang harus dihindari kalau jadi ketua tim ialah memburu-buru waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Dimana dirimu mendesak anggota tim untuk bekerja keras dan menyelesaikan setiap tugas dengan cepat. Bukannya membuat kerja sama tim jadi solid, cara kepemimpinan seperti ini justru bikin mereka gak nyaman dan tertekan. Karena pada dasarnya mereka sudah tahu deadline dari pekerjaannya, dan kalau didesak malah jadinya tertekan dan stres karena merasa tak tenang.

Membandingkan hasil kerja satu orang dan lainnya

Selanjutnya jangan pernah membandingkan hasil kerja anggota tim antara satu dan lainnya. Karena ini termasuk sebagai salah satu kepemimpinan toxic yang justru membuat tim jadi merasa stres dan tertekan selama bekerja sama. Membanggakan dan mengapresiasi orang yang kerjanya sangat bagus tentu boleh-boleh saja, tapi yang namanya tim tidaklah etis jika perbandingan yang menjatuhkan mental. Justru harusnya saling memotivasi untuk bisa bekerja maksimal dan saling bantu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tim dengan baik.

Baca juga: 3 Ciri-Ciri Pemimpin Yang Toxic

Mengambil semua kredit atas pencapaian tim yang diraih

Mengambil semua kredit pekerjaan tim untuk diri sendiri juga merupakan salah satu kepemimpinan toxic yang harus dihindari. Misalnya seperti membanggakan diri sendiri sebagai ketua karena tim kamu menyelesaikan pekerjaan dengan sukses, pokoknya karena kamulah makanya bisa berhasil. Tidak ada orang yang suka dengan cara kepemimpinan seperti ini, karena kerja keras mereka jadinya tak terlihat dan seperti diperalat demi kepentingan ketua. Dirimu tak akan bisa maju kalau menjadi ketua tim yang seperti ini karena tidak bisa menghargai kerja keras dan usaha anggota.

Sekian artikel tentang gaya kepemimpinan yang harus dihindari saat memimpin tim kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menjadi Pemimpin Secara Virtual


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar