3 Tips Mengurangi Rasa Canggung bagi Introvert
Siker.id | 15 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Mengurangi rasa canggung bagi introvert (siker)

siker.id - Bagi seorang introvert, berada di lingkungan baru seringkali membuat kamu merasa canggung dan malu. Misalnya, ketika kamu baru saja masuk kerja, kamu pasti akan merasa susah untuk berinteraksi dengan teman kerjamu yang belum kamu kenal. Itu terjadi karena kamu bingung bagaimana cara untuk memulai obrolan dengan orang baru. Jika terus-menerus dibiarkan, hal tersebut akan menghambat kamu untuk bersosialisasi. Akibatnya, kamu akan sulit beradaptasi dan susah untuk memiliki teman. Ini ada tips buat mengurangi rasa canggung bagi introvert.

Baca juga: 3 Tips Jitu Untuk Karyawan Introvert Di Kantor

Mulailah dengan senyuman

Memberikan senyuman kepada orang yang baru kamu kenal dapat memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang ramah di mata mereka. Hal tersebut akan membuat mereka tertarik untuk mengenalmu lebih jauh lagi. Selain itu, dengan tersenyum kamu dapat mengurangi rasa grogi ketika bertemu orang baru. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan mereka.

Jangan menutup diri

Sebagai seorang introvert, kamu mungkin lebih nyaman kalau sendirian. Namun, kamu harus sadar bahwa sebagai makhluk sosial, tentu saja kamu membutuhkan orang lain. Jangan pernah ragu untuk menyapa orang lain terlebih dahulu. Cobalah untuk membuka obrolan dengan topik yang ringan, seperti menanyakan hobi dan makanan favorit. Jangan sampai tipe kepribadianmu yang introvert membatasi dirimu dalam bersosialisasi.

Baca juga: Tips Adaptasi si Introvert di Lingkungan Kerja

Berhentilah overthinking

Tanpa disadari, sebenarnya yang menghambat kamu untuk bersosialisasi adalah pemikiran negatifmu sendiri. Kamu terlalu takut akan penilaian orang lain terhadap dirimu, seperti takut dikira aneh, sok kenal atau bahkan membosankan. Padahal, belum tentu pikiran negatifmu itu benar. Oleh karena itu, buang semua overthinking-mu dan mulailah berinteraksi dengan orang lain.

Sekian artikel tentang tips mengurangi rasa canggung bagi introvert. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Kebiasaan Berbahaya Introvert di Dunia Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar