3 Tipe Rekan Kerja Yang Sangat Kompetitif
Siker.id | 14 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kompetisi di kantor merupakan hal yang wajar dan tak kunjung usai. Anda harus bisa waspada terhadap orang-orang yang sepertinya hidup karena kompetisi di kantor. Jaman sekarang ini justru para pekerja jauh lebih kompetitif di bandingkan karyawan beberapa puluh tahun yang lalu. 

Saat orang-orang merasa takut akan ketidakpastian dalam pekerjaan, pasti mereka cenderung ingin memberikan pembukti kepada perusahaan bahwa mereka layak dipertahankan. Nah, seperti apa sih rekan kerja yang sangat kompetitif itu?

Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Tanda Kamu Tipe Tidak Sabaran di Tempat Kerja

1. Si Tukang Ngebut

Layaknya pembalap, orang ini akan melakukan apa pun untuk melakukan segalanya secepatnya. Ketika manager meminta tim untuk menyiapkan ide untuk proyek baru, orang ini selalu menjadi yang pertama dalam merespons.

Ketika Anda berada dalam tim yang sama dengan si tukang ngebut, jangan lupa untuk me-review ulang hasil kerjanya. Kecenderungan orang yang bekerja terlalu cepat dia seringkali melupakan detail dan perhatian yang diperlukan. Sedikit lebih waspada untuk mencek kesalahan selalu lebih baik jika bekerja dengan orang-orang semacam ini.

2. Si Superstar

Tak ada tantangan yang cukup besar untuk orang semacam ini. Orang ini senang berusaha untuk mendapatkan proyek-proyek besar. Ketika aura positifnya cukup membantu, apa yang diinginkan hanya lah kemungkinan untuk mencoba menggapai tantangan yang tinggi saja.

Bekerja dengan superstar? Lebih baik berikan tongkat kepemimpinan padanya. Minta kehadirannya pada rapat staf berikutnya. Asalkan peran Anda tak hilang secara keseluruhan, Anda bisa minta teman tersebut  untuk menjadi motivator dan menjadi jembatan bagi rekan-rekan kerja lain.

Baca juga : 3 Tipe Rekan Kerja yang Buruk dan Cara Mengatasinya

3. Si Penyabotase

Orang seperti ini akan melakukan segalanya untuk bisa selangkah lebih maju, seperti menerima pujian sendirian untuk proyek bersama. Tidak sportifnya orang seperti ini justru membuat keburukannya sendiri terlihat, seperti membuat orang lain terlihat buruk, ia berpikir bahwa dirinya terlihat lebih baik.

Sebisa mungkin jauhi orang seperti ini. Jika Anda berada dalam situasi ini, sebaiknya laporkan kepada atasan Anda situasi yang sedang berlangsung.

Itulah dia beberap tipe rekan kerja yang sangat kompetitif di kantor, ada baiknya jika Anda fokus pada hasil kerja sendiri ketika menghadapi situasi ini, daripada mengikuti aksi para kompetitor.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 5 Tipe Pegawai Di Kantor, Kamu Yang Mana?


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar