Apa Pengertian dan Tugas Business Development?
Siker.id | 21 Nov 2021 18:00


Bagikan ke
Sampai saat ini pekerjaan dibidang business development masih dipandang sama dengan pekerjaan sales, padahal jelas berbeda. (siker)

siker.id - Anda memiliki skill komunikasi yang baik dan mumpuni? Tertarik dalam dunia bisnis? Suka bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang terutama bertemu orang baru? Mungkin business development (BD) merupakan pekerjaan dan karir yang tepat untuk Anda. Sebenarnya apa sih business development itu dan apa tugas seorang business development itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Pengertian Business Development

Business Development adalah suatu proses identifikasi jangka panjang untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui pengembangan hubungan, market, dan customer. Tanpa adanya Business Development, perusahaan tidak bisa mengembangkan bisnis mereka dengan baik. Karena bersifat terus menerus dan jangka panjang, proses Business Development dalam suatu perusahaan sangatlah penting.

Tiga Faktor Utama Business Development Membuat Strategi

1. Pelanggan

Tanpa pelanggan, tidak akan ada bisnis yang berkembang. Seorang BD harus bisa membaca permasalahan apa yang tengah dialami oleh pelanggan, apa yang mereka butuhkan, nilai apa yang mereka cari. Hal ini harus bisa diidentifikasi oleh seorang BD untuk kemudian bisa menjawab kebutuhan pelanggan yang terus mengalami perubahan.

2. Pasar

Sebuah produk pasti memiliki target pasarnya tersendiri, namun target ini sifatnya dinamis. Seorang BD punya tugas untuk mencari target pasar baru dan menyesuaikan produknya untuk bisa diterima di pasar tersebut. Perilaku konsumen dapat terbentuk berdasarkan letak geografis, demografis dan psikografi.

3. Relasi

Perusahaan harus bisa membangun hubungan yang baik antar pelanggan, klien, partner bisnis, maupun investor. Tanpa adanya relasi sebuah bisnis tidak akan bisa berkembang dan cenderung tidak bertahan lama. BD hadir untuk membantu membangun kepercayaan, citra dan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Tujuannya agar mampu menjaga relasi dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Tanggung Jawab Business Development

Tanggung jawab dari Business Development adalah menumbuhkan bisnis. Proses mengembangan bsisnis perusahaan tergantung pada insdusti masing-masing perusahaan. Tanggung jawab lain dari Business Development yaitu:

• Riset pasar, mencari peluang pelanggan baru, dan menjaga hubungan dengan pelanggan<

• Bekerja sama dengan divisi lain seperti divisi teknis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan / pasar

• Mengembangkan dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan

• Perbarui pengetahuan tentang perkembangan pasar dan pesaing

• Melakukan penelitian secara teratur pengembangan bisnis perusahaan

Baca juga: Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya

Tugas Business Development

Bersamaan dengan tanggung jawab, Business Development juga memiliki beberapa tugas yang harus mereka lakukan setiap harinya, antara lain:

• Menghubungi klien potensial untuk menjalin hubungan dan mengatur pertemuan

• Merencanakan dan mengawasi inisiatif pemasaran baru

• Meneliti organisasi dan individu untuk menemukan peluang baru

• Meningkatkan nilai pelanggan saat ini sambil menarik yang baru

• Menemukan dan mengembangkan pasar baru dan meningkatkan penjualan

• Menghadiri konferensi, rapat, dan acara industri

• Mengembangkan penawaran dan proposal untuk klien

• Mengembangkan tujuan untuk tim pengembangan dan pertumbuhan bisnis dan memastikan mereka terpenuhi

• Melatih personel dan membantu anggota tim mengembangkan keterampilan merek

Perbedaan Business Development dan Sales

Banyak yang menganggap pekerjaan BD sama dengan sales. Nyatanya kedua pekerjaan ini berbeda. Orang dalam business development bertugas untuk memajukan sebuah perusahaan dengan strategi pengembangan bisnisnya. Pekerjaan seorang sales development juga bertujuan untuk meningkatkan keuntungan untuk perusahaan. Namun, sales development lebih bertanggung jawab ke arah kontrak kerja sama atau pembelian, menangani prospek, dan memberikan demonstrasi atas produk yang dijual. Sales development lebih fokus kepada produk yang dijual dan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Syarat Menjadi Business Development

1. Mampu Menganalisis Pola Bisnis

Seorang Business Development perlu memiliki keterampilan analisis dan riset pola bisnis yang kuat. Ini diperlukan untuk menjadi tolak ukur kompetisi dan menjaga perusahaan tetap unggul.

2. Keterampilan Komunikasi & Interpersonal

Profesi Business Development dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan banyak orang. Sehingga individu harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat.

3. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Rasa ingin tahu yang tinggi mendorong seorang individu untuk menggali informasi dan knowledge lebih jauh. Begitu pula Business Development harus mampu menggali informasi dan data dari berbagai sumber untuk pengembangan perusahaan.

4. Realistis dalam Menentukan Ekspektasi

Dalam menentukan strategi, seorang Business Development harus tetap realistis sesuai dengan fakta dan kondisi perusahaan.

5. Berwawasan Luas

Wawasan luas adalah kunci untuk menganalisis pola atau tren suatu pasar. Seorang Business Development harus memahami posisi pesaing perusahaan dan strategi apa yg dibutuhkan untuk mengungguli mereka.

6. Fleksibel dan Mampu Beradaptasi

Kondisi perusahaan tidak selalu stabil dan akan ada banyak tantangan. Kondisi-kondisi tersebut membuat perusahaan harus menentukan keputusan. Business Development harus fleksibel dan mampu beradaptasi dengan cepat ketika kondisi perusahaan tiba-tiba terdapat hambatan dan sigap merancang ulang strategi bisnisnya.

Sekian artikel tentang pengertian dan tanggung jawab business development. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar