4 Tips Perencanaan Karir Bagi yang Banyak Passion
Siker.id | 14 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Perencanaan karir (siker)

siker.id - Tak masalah jika punya banyak hobi dan passion, kamu tetap bisa merencanakan karier dan masa depan dengan baik. Jangan merasa aneh bila kamu merasa tertarik dengan banyak hal itu. Saat seseorang memiliki passion lebih banyak dari yang ada, hidupnya cenderung terasa lebih bahagia dan sejahtera. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa merencanakan karier saat kamu punya banyak passion tersebut? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tantangan Karir seorang Generalis

Ikuti tes bakat karier

Cara lain dalam mengetahui jalur kariermu adalah mengetahui tentang gaya kerja, keahlian apa yang dikuasai, dan motivasimu. Kalau kamu tidak bisa menentukannya sendiri, coba lakukan tes bakat secara online. Dengan tes-tes tersebut, kamu dapat mempersempit pilihan yang ada.

Menjelajahi bidang yang kamu minati

Jangan membatasi bidang yang kamu minati. Sebelum memutuskan, lihat dan temukan jenis keterampilan mana yang dibutuhkan untuk masing-masing industri. Berpikir out of the box sangat diperlukan untuk mempertimbangkan apa yang bisa kamu lakukan. Misalnya, jika kamu punya hobi di bidang musik, kamu tidak harus jadi musisi. Kamu bisa jadi manager band atau seorang jurnalis dengan spesialisasi di bidang musik.

Baca juga: 3 Kesalahan Sepele Ini Merusak Karir

Coba lakukan eksperimen selama sebulan

Merencanakan karier ketika punya banyak passion memang rumit, tapi kamu tetap bisa fokus pada salah satunya. Coba lakukan salah satu hobimu selama satu bulan berturut-turut. Kamu bisa jadi sukarelawan, mencoba freelancer, atau diskusi dengan orang-orang pada bidang tersebut. Realita bisa membantumu menemukan apakah bidang itu benar-benar passion kamu.

Tidak perlu insecure

Kamu tidak perlu jago dalam satu atau segala bidang, kata Entrepreneur. Merencanakan karier saat punya banyak passion, terkadang hanya menjadi yang biasa-biasa saja. Seringkali sukses terjadi ketika kamu menggabungkan keterampilan yang biasa-biasa saja jadi luar biasa. Contohnya adalah Steve Jobs. Ia bukanlah insinyur, seorang desainer, atau pengusaha terhebat di dunia. Namun, secara unik, dirinya cukup baik dalam segala bidang ini dan menyatukannya menjadi sesuatu yang hebat.

Sekian artikel tentang tips perencanaan karir bagi yang banyak passion. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar