4 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Mudah Tersinggung
Siker.id | 14 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Rekan kerja yang mudah tersinggung (siker)

siker.id - Pernahkah kamu memiliki rekan kerjamu yang mendadak sakit hati, padahal kamu tak bermaksud membuatnya demikian? Tenang saja, ini ada beberapa cara menghadapi rekan kerja yang sangat sensitif alias mudah tersinggung di sini. Tips berikut ini bisa langsung kamu pakai untuk menyelesaikan konflik antara dirimu dan teman kantor. Ok mari simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Diwaspadai Rekan yang Ambisius

Temui secara langsung

Konflik baiknya diselesaikan secara langsung, termasuk konflik yang muncul karena temanmu mudah tersinggung. Ajak ia mengobrol secara empat mata. Dengan begitu, rekan kerjamu merasa lebih nyaman kalau harus berterus terang. Tak hanya itu, cara ini juga lebih profesional.

Bantu mereka memproses emosi

Manusia kerap tak tahu apa yang ada di balik emosinya. Jadi, kamu akan bisa menghadapi rekan kerja yang mudah tersinggung dengan cara membantu mereka memproses emosi. Coba tanyakan pendapat mereka. Menurut rekan kerjamu, apa yang terjadi hingga ia merasa tersinggung? Pertanyaan tersebut akan membantu mereka berpikir dan memahami perasaannya sendiri.

Baca juga: 3 Tips Jitu Supaya Tidak Dianggap Enteng Rekan Kerja

Jaga bahasa dan pilihan katamu

Cara menghadapi rekan kerja yang sensitif selanjutnya adalah menjaga bahasa dan pilihan kata. Sebab, orang sensitif sering kali salah paham saat kamu memakai kata-kata yang ambigu. Jadi, saat harus berbicara dengannya, sampaikan pesanmu dengan gamblang. Tak hanya itu, perhatikan juga nada bicara dan konteks penyampaian pesanmu. Strategi ini akan mencegah teman kerjamu merasa tersinggung. Kamu pun bisa lebih fokus saat bekerja.

Jika memungkinkan, katakan pendapatmu dengan jujur

Kamu cukup dekat dengan si rekan kerja yang mudah tersinggung? Coba katakan akar dari masalah padanya. Walau ia kerap merasa disakiti orang lain, tak semua orang bermaksud demikian. Dengan cara ini, kamu bisa menghadapi dan mengurangi sifat sensitif si rekan kerja. Ingat, tetap perhatikan pilihan kata, nada bicara, dan situasi, ya. Jangan sampai ia malah tersinggung kembali.

Sekian artikel tentang tips menghadapi rekan kerja yang mudah tersinggung. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Batasan Membantu Rekan Kerja dalam Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar