4 Tips Mengubah Networking menjadi Relasi Profesional
Siker.id | 14 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Relasi profesional (siker)

siker.id - Mengubah networking yang dimiliki menjadi relasi profesional memberikan kesempatan untukmu dapat informasi pekerjaan, pengetahuan baru, hingga partner bisnis atau investor. Networking memang dikenal sebagai salah satu cara untuk mengembangkan karier. Namun, bagaimana cara membuat networking jadi relasi profesional? Lalu, siapa saja yang kira-kira dapat dijadikan relasi profesional? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tips Utama Membangun Relasi yang Kuat

Rutin menjalin komunikasi

Obrolan ringan seperti bercerita mengenai rutinitas harian, akan mempererat hubungan. Dengan begini, seseorang akan merasa lebih akrab dan nyaman ketika berkomunikasi dengan kamu. Jika kamu tidak berkomunikasi dengan teratur, hubungan bisa menjadi renggang. Sehingga, kamu berisiko kehilangan hubungan tersebut.

Mendengarkan pembicaraan dengan seksama

Ketika berkomunikasi dengan relasi, terkadang pembicaraan mengarah pada hal-hal di luar pekerjaan. Jangan langsung meninggalkan percakapan tersebut. Bisa saja pembicaraan tersebut menjadi kunci untuk mencapai target kamu. Bisa juga percakapan tersebut melahirkan kesempatan lain untuk mempererat hubungan.

Baca juga: Beberapa Manfaat Membangun Relasi Di Dunia Kerja

Manfaatkan teknologi

Saat ini, komunikasi sudah sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Optimalkan media sosial untuk mendapatkan networking yang baru, misalnya dengan platform LinkedIn. Kamu hanya perlu lakukan hal yang sederhana seperti ucapan selamat atas jabatan baru atau ulang tahun untuk menjalin komunikasi awal.

Gerak cepat

Alasan orang gagal dalam mengubah networking jadi relasi profesional adalah terlambat untuk mengambil tindakan lanjutan. Ketika bertemu dengan relasi baru, jangan berhenti pada berkenalan dan bertukar kontak, langsung perdalam hubungan tersebut. Tingkatkan hubungan lewat pertemuan berikutnya. Jangan hanya menunggu ajakan, tapi kamu yang harus berinisiatif untuk mengajak.

Sekian artikel tentang tips mengubah networking menjadi relasi profesional. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menjalin Relasi Kerja yang Positif


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar