3 Tips Menentukan Tujuan dalam Bekerja
Siker.id | 14 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Menentukan tujuan bekerja (siker)

siker.id - Menentukan tujuan adalah hal yang penting untuk menentukan kesuksesanmu di tempat kerja. Kalau dilakukan dengan benar, tujuan bisa membantumu bekerja dengan arah yang lebih jelas, meningkatkan produktivitas, dan memotivasimu. Alhasil, promosi jabatan, kebaikan gaji, atau tingkat profesionalitasmu akan semakin tinggi. Jangan campur adukkan tujuan pribadi dengan tujuan di tempat kerja, ya. Ini karena cara mencapai tujuannya bisa berbeda. Berikut tips dalam menentukan tujuan bekerja.

Baca juga: 3 Tantangan Karir seorang Generalis

Pahami struktur tim

Sebisa mungkin kamu mencocokkan tujuanmu dengan struktur dalam tim. Dengan ini, kamu jadi lebih menghemat tenaga, waktu, dan pikiran. Selain itu, dengan tujuan yang sama, bukan hal mustahil anggota dalam tim malah membantu tujuanmu jadi lebih cepat tercapai. Sebaliknya, karena ketidakpahamanmu terhadap struktur tim, kamu jadi melakukan tujuanmu yang merupakan wewenang tim lain. Kalau ini terjadi, potensi timbulnya konflik dan duplikasi kerjaan jadi sangat besar. Justru membuatmu tak nyaman di tempat kerja.

Visualisasikan kesuksesanmu mencapai tujuan

Pentingnya menentukan tujuan dengan memvisualisasikan kesuksesan dalam menggapai tujuan tersebut. Cobalah bayangan, seperti apa kesuksesan yang bisa kamu raih dan visualisasikan tujuan akhir tersebut. Teknik visualisasi dinilai efektif dalam menggapai tujuan karena motivasimu jadi semakin bertambah. Optimisme dan harapan pun ikut naik sehingga kamu jadi makin bersemangat. Dengan ini, kamu jadi tetap berada di jalur yang benar dalam menggapai tujuan.

Baca juga: 3 Kesalahan Sepele Ini Merusak Karir

Imbangi tujuan yang besar dengan ilmu yang selaras

Sebagai seorang profesional, tentu kamu ingin terus bertumbuh baik dari keilmuan maupun keterampilan. Karena itu, saat kamu menetapkan tujuan yang lebih tinggi, maka selaraskan dengan ilmu. Tambahkan seminar profesional, pelatihan, dan peluang pendidikan yang lebih tinggi agar tujuanmu dapat segera tercapai dengan efektif. Selain itu, dengan keilmuan yang mumpuni, kamu bisa segera menemukan solusi ketika mendapatkan hambatan.

Sekian artikel tentang tips menentukan tujuan dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Melawan Mitos Karir yang Berkembang


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar