3 Tips Kelola Manajemen Energi saat Bekerja
Siker.id | 14 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Kelola manajemen energi (siker)

siker.id - Sudah membuat to do list, prioritas kerja, hingga jadwal setiap tugasnya, namun tetap saja merasa tidak produktif? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan strategi ini, hanya saja ada hal lain yang sering pekerja lupakan. Selain manajemen waktu, jangan lupa untuk memanajemen energimu juga. Keduanya sama pentingnya demi pencapaian produktivitas kerja yang lebih tinggi. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini tipsnya!

Baca juga: Ini Dia Makanan Penambah Energi Dikala Masih WFH

Hindari aktivitas yang menguras energi

Untuk melakukan manajemen energi yang baik, kamu juga perlu mengenali beberapa aktivitas yang begitu menguras energi. Misalkan, terlalu perfeksionis sampai-sampai energi habis hanya untuk mengerjakan satu tugas itu saja. Atau terlalu overthinking hingga pikiran negatif ini menguras energi kita. Nah, mengenali titik-titik rentan ini akan membantumu mengambil langkah yang tepat untuk menghindari aktivitas tersebut. Sebaliknya, lakukan aktivitas-aktivitas yang mendukung serta menjaga energimu pada level tinggi.

Lahap proyek besar di awal

Ketahui bahwa di zaman sekarang ini ada banyak sekali bentuk distraksi yang menghambat penyelesaian tugas kita. Untuk itu, apapun tipe jam produktifmu, awali dengan melahap tugas yang sifatnya penting dan kompleks terlebih dahulu. Strategi ini penting dilakukan agar kamu tidak menghabiskan energi hanya untuk tugas ringan hingga pada akhirnya tugas penting malah terbengkalai. Alokasikan energi terbaikmu untuk hal prioritas dulu.

Baca juga: 3 Faktor Penyebab Energi Rendah Setiap Hari

Jadi diri sendiri saja

Memutar diri untuk menjadi orang lain itu sangat melelahkan, lho. Walapun menjadi diri sendiri di tempat kerja terkadang terasa menakutkan, namun percayalah itu lebih melegakan. Kita jadi lebih bersemangat dan merasa nyaman saat melakukannya. Nah, kondisi ini akhirnya mendorong kita untuk menyerap energi yang lebih banyak. Untuk itu, jadilah versi terbaik dari dirimu. Tak perlu memakai topeng hanya untuk terlihat keren.

Sekian artikel tentang tips melakukan manajemen energi saat bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Hadirkan Kembali Energi Positif


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar