icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Skill Harus Dimiliki IT Yang Semakin Dibutuhkan
Siker.id | 13 Jun 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Dengan adanya pandemi, beberapa pekerjaan berahli dan dikerjakan menggunakan teknologi. Sehingga kebutuhan terhadap skill IT akan semakin meningkat. Beberapa ahli menyebutan jika kebutuhan skill IT ini karena meningkatnya tren dari remote working dan work from home.

Sehingga, banyak perusahaan berkembang dengan meng-upgrade teknologinya. Lalu skill apa saja yang diperlukan seorang IT yang semakin dibutuhkan ini? Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Digital Marketing

1. Cybersecurity

Skill IT pertama yang diprediksi akan semakin dibutuhkan adalah cybersecurity. Hampir setiap perusahaan bergantung pada teknologi sampai batas tertentu. Artinya, hampir setiap informasi yang dimiliki perusahaan tersebut rentan terhadap serangan dan kebocoran.

Skill ini dibutuhkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi pelanggan dan pengguna untuk menjaga jaringan tetap aman dari serangan. Jika kamu mempelajari skill ini sekarang, kamu akan memiliki peluang besar untuk berhasil dan mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang baik.

2. Data science dan data analytics

 

Data science dapat didefinisikan sebagai memperoleh wawasan dan informasi dari data menggunakan perpaduan berbagai alat, algoritme, dan prinsip pembelajaran mesin. Ahli data science sangat dibutuhkan dalam industri seperti keuangan, perbankan, dan perawatan kesehatan.

Keterampilan yang dibutuhkan mencakup dasar-dasar analisis data dan pengetahuan tentang bagaimana data dikumpulkan, disimpan, diatur, dianalisis dan diinterpretasikan. Selain itu, kamu perlu memahami bagaimana cara menerapkan keterampilan ini ke berbagai domain termasuk keuangan, penjualan, pemasaran, manajemen operasional, dan manajemen sumber daya manusia.

Baca juga : 3 Skill Yang DIperlukan Untuk Business Development

3. Cloud computing

 

Dapat dikatakan, pandemi menunjukkan kepada perusahaan dan pekerja cara memanfaatkan teknologi cloud untuk bisnis. Teknologi cloud telah membuka sejumlah saluran pendapatan baru.

Memiliki keahlian cloud computing kini sangat penting karena signifikansinya di setiap keahlian lain yang ditetapkan dalam daftar ini. Ini membuka peluang kerja bagi para ahli cloud computing yang dapat merancang, merencanakan, mengelola, memelihara, dan mendukung penggunaan cloud computing .

4. Artificial inteligence (AI) dan machine learning

 

Machine learning adalah langkah untuk memberi tahu komputer cara menggunakan semua data yang tersedia, untuk membuat keputusan atau menjalankan tugas dengan lebih efisien. Sementara itu, AI mengacu pada program yang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan gambar dan ucapan, klasifikasi gambar, dan pengenalan wajah.

Berhubung AI dapat melakukan tugas-tugas ini lebih cepat dan lebih akurat daripada manusia, keterampilan AI menjadi keterampilan yang sangat dicari saat ini. Keterampilan yang paling dicari di bidang AI dan machine learning adalah TensorFlow, Python, Java, R, dan Natural Language Processing.

Nah, itulah dia beberapa skill yang bisa kamu asah dan kuasai jika berkarir menjadi seorang IT, semoga membantu.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Skill Wajib menjadi Seorang Customer Service


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar