4 Tips Jitu Terhindar dari Godaan Gratifikasi
Siker.id | 13 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Gratifikasi merupakan salah satu jenis tindak pidana korupsi. Gratifikasi didefinisikan sebagai pemberian meliputi pemberian uang tambahan (fee), hadiah uang, barang, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, dan lain sebagainya. Gratifikasi juga menjadi salah satu kata yang cukup populer dan tidak asing didengar lagi dalam topik pembicaraan masyarakat.

Gratifikasi bisa menjadi perbuatan pidana suap, meskipun penerima gratifikasi nantinya dikenakan sanksi yang cukup berat, namun masih banyak juga orang yang menerima bahkan mencari cara untuk mendapatkan gratifikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara agar tidak tergoda dan terhindar dari aksi tindak pidana tersebut? Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Jitu Supaya Tidak Dianggap Enteng Rekan Kerja

1. Ingat Keluarga

Keluarga merupakan orang yang terdekat, mereka selalu ada disaat kita suka dan duka. Sehingga saat bekerja dan diminta melakukan hal yang tidak sesuai dengan aturan, baiknya kita harus ingat keluarga, karena mereka adalah orang pertama yang ikut merasakan bahkan menanggung beban kesalahan dari perbuatan kita.

2. Bersyukur

Ungkapan yang sering kita dengar, rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Hal ini uang membuat seseorang memilih jalan pintas dengan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan, atau menerima gratifikasi agar mendapatkan keinginan untuk memiliki sesuatu seperti milik orang lain. 

Untuk menghindari hal tersebut, kita harus bersyukur dengan apa yang kita miliki. Karena bersyukur adalah salah satu kunci kebahagiaan dan merasakan sebuah ketenangan.

Baca juga : 3 Tips Jitu Untuk Karyawan Introvert Di Kantor

3. Jangan Ragu Berkata Tidak

Kebiasaan ketika seseorang memberikan tanda terima kasih atas jasa yang diberikan, harus bisa kita tepis, sebab hal ini dapat menjadi salah satu faktor pendorong  seseorang melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan.

Cobalah untuk bisa tegas dengan berkata tidak atau menolak gratifikasi tersebut dengan cara yang baik dan sopan, supaya kita juga terhindar dari aksi tindak pidana tersebut.

4. Pahami Gratifikasi

Untuk terhindar dari gratifikasi, kita juga perlu memahami apa itu gratifikasi dan tindakan apa saja yang termasuk dalam aksi tersebut. Mengikuti sosialisasi atau pelatihan terkait gratifikasi juga sangat diperlukan, lho.

Demikian di atas tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan akan terhindar dari gratifikasi, jangan lupa juga kuatkan pendirian untuk tetap berada dalam jalan yang benar untuk pekerjaan atau karirmu. Jangan sampai kamu merelakan karirmu hanya demi sebuah gratifikasi.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Jitu Kuat Mental Hadapi Pekerjaan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian