3 Strategi dalam Penerapan Disiplin Kerja
Siker.id | 13 Jun 2022 19:00


Bagikan ke
Strategi disiplin kerja (siker)

siker.id - Sebagai pekerja, tentu kamu ingin mengalami kesuksesan dalam semua bidang termasuk berkarier dan tercapai sesuai dengan yang kamu inginkan dan impikan selama ini. Nah untuk itu, maka kamu perlu menerapkan disiplin kerja yang baik dan efektif. Jadi, terapkanlah disiplin kerja yang baik dan efektif agar kamu memiliki semangat dan dorongan yang tinggi dalam menghadapi tantangan pekerjaan, hingga akhirnya bisa mencapai kesuksesan dalam karier. Kamu bisa menerapkan beberapa strategi berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Perlu Mempertahankan Disiplin Kerja

Buat target dalam pekerjaan

Dalam setiap pekerjaan yang kamu miliki, buatlah target dalam penyelesaiannya. Kemudian susunlah strategi agar kamu bisa mencapai target tersebut. Namun lakukanlah secara perlahan-lahan, kamu tidak perlu langsung membuat target yang terlalu tinggi. Mengapa? Karena jauh lebih efektif jika kamu perlahan-lahan menaikan standar yang sudah kamu buat pada target yang ada. Misalnya kamu membuat target dalam sehari bisa menyelesaikan 3 pekerjaan, nah saat kamu bisa melakukannya maka perlahan tingkatkan standar tersebut menjadi 4 pekerjaan. Begitupun selanjutnya.

Pupuk rasa tanggung jawab yang tinggi

Agar kamu bisa menjalankan disiplin kerja dengan baik dan efektif, maka kamu perlu memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi di dalamnya. Baik tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah kamu targetkan, maupun tanggung jawab saat terjadi masalah di dalam proses penyelesaian pekerjaan tersebut. Misalnya saat ada masalah yang terjadi di dalam tim karena kesalahanmu, maka akuilah kesalahan tersebut. Jangan hanya diam dan berpikir tidak akan ada yang menyadari kesalahanmu, atau kamu berpikir untuk melimpahkan kesalahan tersebut ke rekan kerja lainnya.

Baca juga: 4 Strategi Perusahaan Bertahan Saat Pandemi

Lakukan secara rutin agar kamu terbiasa menjadi disiplin

Ingatlah yang namanya kebiasaan akan terbentuk secara otomatis dengan sendirinya saat kamu sudah melakukannya berulang kali sebelumnya. Jadi, lakukanlah disiplin kerja secara rutin hingga akhirnya menjadi kebiasaan yang secara otomatis kamu lalukan. Dengan begitu akan terbentuk kebiasaan positif yang baik pula untukmu. Selain itu jangan melupakan hal-hal kecil lainnya di dalam pekerjaanmu, misalnya seperti membalas email dan filing dokumen. Disiplin kerja akan pekerjaan utama memang penting, namun pekerjaan-pekerjaan kecil lainnya juga jangan kamu abaikan.

Sekian artikel tentang strategi dalam melakukan disiplin kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar