icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Peluang Kerja Lulusan Sastra Mandarin
Siker.id | 21 Nov 2021 09:15


Bagikan ke
Kenali sastra mandarin serta peluang kerja yang menjanjikan. (siker)

siker.id - Dari sekian banyak jurusan, sastra dan bahasa asing menjadi jenis jurusan yang cukup populer. Tidak hanya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang paling banyak diminati, tetapi juga bahasa asing lain seperti Bahasa Mandarin. Prospek atau peluang kerja Sastra Mandarin sendiri tergolong sangat baik, khususnya di Indonesia yang sebagian masyarakatnya merupakan etnis Tionghoa. Terdapat banyak prospek atau peluang kerja jurusan Sastra Mandarin yang siap membawamu kepada kesuksesan. Berikut beberapa peluang kerja untuk lulusan Sastra Mandarin.

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Sastra Belanda?

1. Diplomat

Prospek kerja bagi lulusan Sastra Cina untuk menjadi seorang diplomat cukup besar karena kemampuan berbahasa asing adalah syarat mutlak untuk menjadi duta negara. Dengan bekerja di Departemen atau Kementerian Luar Negeri, kamu dapat berpergian ke berbagai negara sebagai perwakilan Indonesia untuk melakukan berbagai proyek dan penelitian. Pada masa kerja di luar negeri, Anda akan mendapat asuransi, pendapatan dari pemerintah, dan berbagai fasilitas penunjang karena sudah bekerja untuk negara.

2. Copywriter

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan Sastra Cina adalah menjadi penulis. Anda bisa menjadi copywriter, penulis perjalanan, penulis artikel, atau buku cerita yang berdasarkan dari cerita-cerita tradisional Cina. Di Jurusan ini, Anda juga akan diajarkan untuk mengulik berbagai macam karya sastra seperti kritik sastra.

3. Penerjemah

Kemampuan berbahasa asing tidak jauh dari kegiatan penerjemahan atau translation. Utamanya kemampuan dalam berbahasa asing yang dikuasai seseorang tidak jauh dari kegiatan penerjemahan, baik lisan, maupun tulisan. Berhubung Mandarin merupakan bahasa asing yang banyak digunakan dalam berbagai kegiatan di Indonesia, maka kebutuhan ahli bahasa untuk dukung penerjemahan pun selalu tinggi. Dalam karir penerjemah di industri hiburan pun sama-sama memiliki peluang besar.

4. Guru Bahasa

Menguasai bahasa asing dengan predikat sarjana bisa membawaku kepada cita-cita menjadi guru. Pasti banyak dari Anda yang sejak kecil bercita-cita jadi seorang guru. Jurusan Sastra Mandarin adalah salah satu pilihan tepat jika ingin menggapainya, sekaligus mendalami keahlian berbahasa Mandarin. Semakin banyaknya sekolah yang menerapkan pembelajaran internasional, tenaga kerja dengan kemampuan berbahasa asing pun kian dicari.

5. Tour Guide

Suka jalan-jalan dan berinteraksi dengan banyak orang, pilihan karier sebagai pemandu wisata cocok untukmu. Anda bisa memandu wisatawan Cina saat berlibur di Indonesia bahkan bisa memandu masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Cina, Asyik bukan? Seorang pemandu wisata bertugas menjelaskan informasi obyek wisata yang dikunjungi.

Baca juga: Berikut Ini 8 Prospek Kerja Lulusan Sastra Arab

6. Leksikografer

Leksikografer merupakan orang-orang yang mengerti dan bekerja secara teknis untuk menyusun kamus. Nah, jika Anda lulusan Sastra Cina dan sangat menyukai bahasa Cina, maka profesi sebagai ini dapat menjadi pilihan.

7. Editor

Berikutnya prospek atau peluang kerja Sastra Mandarin berupa jadi editor. Editor ini bisa mengacu editing naskah, atau juga berbagai hal lain yang berhubungan dengan Bahasa Mandarin. Misalnya editing teks dalam video, editing terjemahan buku, editing buku pelajaran, dan banyak lagi.

8. Penyiar Berita

Pernah menonton siaran berita menggunakan Bahasa Mandarin? Meski tidak semua channel TV, atau juga radio menyajikan acara berita dengan penyajian bahasa satu ini, tetapi tidak sedikit pula yang menyediakannya lho. Kalau Anda lebih suka berbicara dan memiliki passion menjadi penyiar, memilih bahasa asing adalah pilihan yang tepat.

9. Public Relation

Jika suka menulis, mampu berbahasa Cina secara fasih, bertemu orang baru dan berbicara banyak hal, berkarir sebagai public relation cocok untukmu. Public Relation bertugas merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness. Kecakapan berkomunikasi, kecerdasan verbal, dan kecerdasan interpersonal tentu menjadi nilai tambah untuk bekerja sebagai seorang public relation.

10. Perusahaan Multinasional

Setelah lulus dari Sastra Cina kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional milik Cina. Lulusannya biasanya ditempatkan di bagian operasional perusahaan. Jika bekerja dengan baik dan mampu berbahasa Inggris, kamu juga kesempatan untuk bekerja di Cina

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan Sastra Mandarin. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Sastra Perancis?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar