3 Modal Penulis untuk Menghasilkan Karya Terbaik
Siker.id | 11 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Modal penulis (siker)

siker.id - Usaha yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis memang tergolong susah-susah gampang. Ada orang yang memang memiliki bakat menulis tetapi ada juga yang menjadi ahli karena banyak berlatih. Tentu modal peralatan menulis saja tidaklah cukup. Kamu membutuhkan modal dasar untuk menjadi seorang penulis. Terutama agar kamu bisa menghasilkan karya berupa tulisan yang menarik. Berikut ini merupakan modal dasar sebagai penulis yang harus kamu miliki.

Baca juga: 4 Langkah Awal Sebelum Terjun ke Dunia Menulis

Kecerdasan linguistik

Banyak orang yang dianugerahi bakat kecerdasan linguistik yang hebat. Dengan kecerdasan yang satu ini kamu bisa merangkai kata untuk menyampaikan sebuah informasi. Lingusitik berkaitan dengan kemampuan berbahasa seseorang. Semakin kamu bisa melihat keadaan, mengevaluasi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan maka kamu berbakat dalam hal linguistik. Orang yang gemar membaca buku dan gemar menulis juga biasanya memiliki kecerdasan yang satu ini.

Berlatih kesabaran

Tak ada sesuatu yang terjadi tanpa adanya proses. Begitupun dalam menghasilkan karya tulisan, kamu membutuhkan proses yang tak mudah. Terkadang kamu harus terbentur dengan kehabisan ide, kebingungan menggunakan kalimat yang tepat dan kesulitan lainnya. Hal itu sangatlah wajar dan bisa terjadi pada penulis mana pun. Kamu tak bisa memaksakan untuk menyelesaikan tulisanmu. Tetapi butuh kesabaran misalnya dengan membaca referensi lain agar ide kembali muncul. Bahkan penulis hebat pun belum tentu bisa menghasilkan karya dalam sekejap.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Kebosanan saat Menulis

Bisa memiliki kepekaan ‘rasa’

Kepekaan rasa adalah cara seorang penulis menghidupkan apa yang sedang ditulisnya. Penulis harus bisa menggunakan keseluruhan indera untuk bisa merasakan lebih dalam. Dikarenakan ide cerita banyak berasal dari pengalaman yang telah dirasakan. Jadi, sudah tentu keseluruhan indera sangat berpengaruh dalam proses menghasilkan karya. Mulai dari apa yang kamu lihat, dengar, rasa, cium, dan juga sentuh. Dari situlah kamu bisa membagikan pengalamanmu pada orang lain.

Sekian artikel tentang 3 modal seorang penulis dalam menghasilkan karya terbaik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Produktif Menulis Jurnal Harian


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar