3 Etika Dalam Berteman di Tempat Kerja
Siker.id | 11 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Etika berteman (siker)

siker.id - Bekerja merupakan salah satu aktivitas yang tentunya dibutuhkan oleh semua orang. Tanpa bekerja, akan sulit bagi orang-orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Salah satunya adalah bekerja sebagai pegawai di perusahaan-perusahaan. Tentunya proses bekerja juga bukan hanya terbatas pada pengerjaannya saja, melainkan juga proses sosialisasi yang terjalin antar rekan kerjanya. Untuk dapat menjalin hubungan sosialisasi yang baik dengan rekan kerja, kamu harus memahami beberapa aturan dalam berteman berikut ini.

Baca juga: 3 Etika untuk Perkembangan Karir

Tidak mencampuri pekerjaan yang lainnya

Antara kamu dan rekan kerja yang lainnya tentu sama-sama memiliki tanggung jawab tersendiri dalam bekerja. Itulah mengapa proses pekerjaan juga harus dilakukan secara masing-masing agar tidak tercampur begitu saja. Hal yang disayangkan adalah ketika kamu dan rekan kerja justru saling mencampuri pekerjaan satu sama lain. Tentu ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman tersendiri dalam berteman.

Bertanggung jawab dengan pekerjaan masing-masing

Setiap orang yang bekerja tentunya memiliki tanggung jawab dan perannya masing-masing. Kamu memang boleh berteman dengan siapa pun, namun jangan sampai pertemananmu justru berpengaruh terhadap tanggung jawab dalam bekerja. Jangan sampai kamu dan rekan kerja lainnya justru saling tidak bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal tersebut akan memberikan bumerang tersendiri bagi pertemananmu ke depannya.

Baca juga: 3 Etika Bekerja dengan Atasan Baru

Jangan terlalu terbuka

Kamu mungkin merupakan tipe teman yang gemar bercerita banyak hal pada rekan kerjamu. Namun, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaanmu bila tak ingin mendatangkan bumerang terhadap dirimu sendiri. Jangan sampai kamu terlalu terbuka dengan rekan kerja yang lainnya. Sikap tersebut hanya akan membuatmu mudah dipandang sebelah mata. Selain itu, kamu juga tak bisa selalu mempercayai rekan kerja yang ada.

Sekian artikel tentang 3 etika dalam berteman di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Hal Penting Dalam Membangun Etika Bisnis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar