icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Jitu Kuat Mental Hadapi Pekerjaan
Siker.id | 11 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Dalam bekerja, kita tidak akan terlepas dari stres dan tertekan karena beban porsi pekerjaan. Namun, masih banyak dari kita sebagai karyawan mengabaikan hal ini. Padahal, hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental kita, lho.

Lalu, bagaimana cara agar kuat mental menghadapi pekerjaan? Simak berikut ini.

Baca juga : Baper Di Marahin Bos? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Emosimu

1. Luangkan waktu untuk refleksi pikiran

Menyegarkan pikiran seakan menjadi alasan klise kalau sedang berlibur dan memanfaatkan jatah cuti dari kantor. Dibalik semua itu, kita memang perlu dan menjadi penting.

Nggak mau kan kalau sehari-hari dihadapkan dengan tekanan yang seolah tanpa jeda. Tubuh dan pikiran juga perlu sesuatu yang tenang agar bisa berkontribusi dengan baik. Jangan ragu ambil waktu agar bisa menenangkan diri. Kamu bisa mengatur napas dan meditasi sebagai langkah awal.

2. Tangkap pesan positif

Dengan adanya stres atau bahkan merasa depresi dengan pekerjaan sebenarnya ada pesan yang disampaikan oleh tubuh. Apakah kamu perlu mengikhlaskan, mamaafkan, melepaskan sakit hati, hingga mencari tempat kerja baru.

Dalam fase seperti ini jangan membohongi diri sendiri hanya untuk terlihat keren dan nggak ada masalah. Namun, jangan terlalu membanggakan jika punya masalah seperti ini dan memaksa orang lain untuk memahamimu.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Kebosanan saat Menulis

3. Cari cara untuk senang-senang

Setiap orang memang punya cara tersendiri untuk melepas stres dan tekanan lain yang ada dalam dirinya. Sebagian besar dari mereka merasa kalau hal tersebut dilakukan akan merusak kesan, misal mengendarai motor gede.

Oleh sebab itu, kamu melakukan kegiatan yang menyenangkan tapi hanya sekedar. Selama cara itu tidak membahayakan diri, lakukan saja. Kalau kamu tidak ingin mendengar omongan yang macam-macam cukup nggak mengunggah di media sosial.

Nah, itulah dia beberapa tips jitu agar kuat mental menghadapi pekerjaan, selain itu kamu bisa mencoba untuk berkumpul atau berteman dengan rekan kerja yang tepat atau memiliki sikap dan perilaku yang positif.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Stres Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar