3 Cara Mengatasi Overthinking di Kantor
Siker.id | 11 Jun 2022 12:01


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.idOverthinking atau berpikir terlalu berlebihan merupakan salah satu masalah umum yang sering dialami oleh karyawan di tempat kerja. Overthinking ini terjadi saat kamu terlalu fokus memikirkan suatu masalah dalma waktu yang cukup lama atau, bisa juga karena berpikir berlebihan mengenai suatu pekerjaan atau rekan kerjamu.

Kebiasaan ini bila dibiarkan bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, simak berikut ini.

Baca juga : 3 Cara Ampuh Mengatasi Depresi DI Tempat Kerja

1. Tetapkan batas waktu untuk setiap keputusan 

Yang pertama yakni beri batas waktu saat kamu membuat keputusan. Jangan terlalu lama karena kamu hanya akan berkutat dengan masalah tersebut bukan menghasilkan solusi yang baik.

Saat kamu telah berhasil membuat keputusan, lakukan keputusan itu dengan baik dan apapun hasilnya terima tanpa adanya penyesalan. 

2. Menyadari bahwa kamu tidak bisa mengendalikan semuanya

Ada banyak hal di dunia ini yang memang tidak bisa dikontrol oleh diri sendiri, lantaran keberadaan orang lain atau situasi yang tidak memungkinkan. Maka, diperlukan sikap berdamai dengan diri sendiri bahkan mengurangi sikap perfeksionis yang bisa menyulitkan hidup. 

Baca juga : 3 Tips Jitu Mengatasi Job Insecurity Menurut Psikologi

3. Cari pengalihan pikiran

Terkadang perasaan overthinking selalu muncul saat kamu banyak berdiam diri atau melamun. Nah, agar hal itu tidak terjadi ada baiknya kamu mengisi waktu dengan kegiatan yang mengalihkan pikiran contoh berolahraga, menonton film atau mengobrol dengan keluarga.

Buatlah dirimu senyaman mungkin dengan kegiatan itu, agara perasaan untuk menjurus ke arah sana akan terlupakan. 

Itulah dia beberapa cara mengatasi overthinking supaya tidak berdampak pada kesehatan mental dan juga fisikmu tentunya, cobalah juga untuk luangkan waktu setiap hari kurang lebih 20 menit untuk merefleksikan diri tentang apa yang sudah dilakukan seharian.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya! Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Generation Gap DI Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar