3 Dampak Positif Perdagangan Internasional Bagi Negara
Siker.id | 10 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi jalannya perdagangan (freepik/siker.id)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Perdagangan internasional merupakan kegiatan jual beli barang atau jasa antara satu negara dengan negara lain. Dengan adanya perdagangan internasional ini, secara tidak langsung negara satu dengan yang lainnya akan memperlihatkan daya siang perekonomian di tingkat internasional. Perdagangan internasional juga terjadi karena setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

Selain mempererat hubungan antarnegara, perdagangan internasional juga memberikan banyak dampak positif bagi negara. Nah, berikut ini beberapa dampak positifnya.

Baca juga : 3 Dampak Pentingnya Reward Untuk Karyawan

1. Mendorong pertumbuhan ekonomi

Dengan adanya perdagangan internasional, permintaan dan penawaran ekspor produk untuk negara lain akan semakin meningkat, ini akan meningkatkan perekonomian negara juga. Contohnya berkembangnya industri tekstil, kerajinan, udang, kopi, karet dan lain-lain. 

2. Menambah lapangan kerja

Selain itu, dampak positif dari perdagangan internasional adalah mendorong peningkatan lapangan kerja. Jika aktivitas ekonomi dan jumlah produk yang diekspor dalam kegiatan perdagangan internasional meningkat, maka industri-industri semakin padat kerjanya. Karena itu diperlukan tenaga kerja tambahan untuk membantu aktivitas industri agar lebih cepat bergerak.

Baca juga : 3 Dampak Buruk Kebiasaan Ngaret

Untuk menambah tenaga kerja maka dibukalah lapangan pekerjaan untuk masyarakat di negara tersebut. Lapangan kerja membuat masyarakat menjadi makmur. Dengan dibukanya lapangan pekerjaan berarti mengurangi adanya pengangguran.

3. Menarik investor asing

Kemudian, dampak positif lainnya lagi adalah menarik investor dari luar negeri untuk menambah modal usaha agar industri dapat tumbuh lebih besar lagi. Dengan adanya tambahan modal dari investor asing ini, maka pertumbuhan ekonomi di suatu negara akan semakin meningkat. Lapangan pekerjaan semakin terbuka dan akan memberi dampak besar pada perekonomian.

Demikian beberapa dampak positif di atas tadi dari perdagangan internasional bagi negara, selain itu juga dapat meningkatkan kemakmuran dan memenuhi kebutuhan negara. 

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Sisi Positif Penerapan Kembali WFO


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian