icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Basmi Hal Toxic Dalam Diri
Siker.id | 10 Jun 2022 15:45


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Akhir-akhir ini kata toxic people sudah tidak asing lagi didengar, karena sifat ini memberikan dampak buruk. Bersifat toxic juga tentu tidak baik, terlebih lagi jika ada dalam diri sendiri.

Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan sifat toxic ini dalam diri. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Cara Elegan Buat Atasan Percaya Padamu

1. Hati-hati dengan Pikiran Anda

Melansir Psychology Today, beberapa orang terbiasa mendengarkan pendapat pribadi yang negatif di pikirannya dan tanpa sadar terlena dalam pikiran tersebut. Hal ini bisa dengan mudah menciptakan pikiran toxic pada diri.

Mulailah perhatikan pikiran-pikiran Anda agar tidak terpengaruh pikiran toxic sendiri. Pikiran-pikiran itu bisa bersifat membangun ataupun menghancurkan.

2. Cari Kebiasaan Baru

Menyelesaikan masalah saat melakukan kesalahan lebih penting, dibanding hanya berkata buruk pada diri sendiri. Ketika hanya memikirkan kesalahan tanpa berusaha mencari jalan keluarnya, ini hanya akan membuat Anda terpuruk.

Baca juga : 3 Cara Pengusaha agar Karyawannya Tidak Resign

Salah satu cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah mencari kebiasaan baru. Temukan aktivitas yang dapat mengalihkan Anda dari pikiran-pikiran negatif.

3. Berpikir Lebih Realistis

 

Dibanding memikirkan hal negatif, cobalah berpikir lebih realistis. Ketimbang berpikir “Saya tidak akan pernah berhasil pada pekerjaan ini”, sebaiknya diganti dengan kalimat “Jika ingin berhasil dalam pekerjaan ini, saya harus bekerja keras dan membuktikan pada orang-orang.”

Tidak perlu sampai menjadi orang yang terlalu percaya diri. Yang penting, bersikap lebih realistis dalam menghadapi kekurangan-kekurangan Anda.

Demikian beberapa cara membasmi sifat toxic dalam diri Anda, semoga membantu ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Lakukan Virtual Kolaborasi yang Efektif


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

TAG :

Komentar