icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Melawan Mitos Karir yang Berkembang
Siker.id | 10 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Mitos karir (siker)

siker.id - Pernah dengar gak, soal mitos-mitos tentang fresh graduate dalam memulai kariernya? Seperti halnya semakin tinggi IPK akan mudah dalam berkarier, atau perusahaan terkadang lebih menyenangi karyawan yang berpengalaman. Cerita-cerita tersebut memang bikin khawatir plus jadi ragu dalam memulai karier, tapi kamu bisa lebih aware dan berencana dengan baik di awal kariermu lho. Jangan sampai mitos itu menjadi pengaruh negatif, mulai sekarang stop ragu dalam memulai perjalanan karier mu. Berikut tips ampuh untuk lawan mitos-mitos tersebut.

Baca juga: 3 Kesalahan Dalam Karir yang Perlu Dihindari

Jangan pernah takut mengalami kegagalan

Kalau kamu masih merasa takut gagal dalam merencanakan sesuatu, coba deh tinjau terlebih dahulu tujuanmu. Apa yang ingin kamu capai di akhir rencana? Apakah saja target-targetnya dan bagaimana cara mencapainya? Jika memang takut gagal, kamu bisa menomorduakan tujuan-tujuan itu. Fokuslah pada target untuk ‘belajar dan mendapat pengalaman baru’. Cara mengatasi rasa takut gagal ini juga punya kelebihan.

Jangan terlalu sering jadi ‘kutu loncat’

Bagian ini juga gak kalah pentingnya harus diketahui dan bahkan diterapkan bagi fresh graduate, yakni jangan terlalu sering berpindah-pindah tempat kerja. Fibri juga menegaskan lho guys, kalau kamu terlalu sering jadi ‘kutu loncat’, pada akhirnya itu akan berimbas pada kariermu sendiri. Berdasarkan pengalamannya, jika melihat kandidat dengan jejak sering berpindah dan tidak bertahan lama di sebuah perusahaan, kandidat akan dianggap tidak memiliki nilai loyalitas atau gampang bosan.

Baca juga: 3 Kesalahan Sepele Ini Merusak Karir

Punya target jelas dan realistis

Supaya kariermu semakin cemerlang dan terus berkembang, kamu bisa menetapkan terlebih dahulu target yang ingin dicapai, dan tentunya harus realistis ya! Jangan muluk-muluk ingin mencapai jabatan yang tertinggi atau digaji tinggi. Kamu bisa kok untuk menetapkan target itu, tapi dimulai dari ‘nol’ ya, dan selalu berusaha menunjukkan yang terbaik. Satu lagi nih yang mesti diingat bagi fresh graduate, biasanya pasti selalu merasa ‘malu’ dalam suatu hal. Padahal, tidak ada istilah kata malu lho guys dalam berkarier. Sah saja kalau kamu bertanya mengenai suatu hal atau meminta bantuan orang lain saat bekerja.

Sekian artikel tentang cara melawan mitos karir yang berkembang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Memulai Karir Menjadi Wartawan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

TAG :

Komentar