3 Prinsip Utama saat Punya Penghasilan Sendiri
Siker.id | 10 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Prinsip punya penghasilan sendiri (siker)

siker.id - Hal yang menyenangkan saat bekerja dan punya penghasilan sendiri ialah bisa beli apa saja dan melakukan apapun yang diinginkan dengan uang sendiri. Hal ini pula yang sering buat orang jadi kurang bijak dalam mengatur penghasilannya. Saking senangnya punya penghasilan sendiri jadi foya-foya, gila belanja, gak mikirin masa depan. Maka dari itu akan dibahas beberapa prinsip penting yang harus dipegang ketika punya penghasilan sendiri, supaya keuangan dapat terjaga dan gak menghamburkan uang.

Baca juga: 3 Alasan Perlu Merahasiakan Soal Gaji

Belanja untuk kebutuhan secukupnya

Prinsip pertama yang harus dipegang saat memiliki penghasilan sendiri ialah tentang belanja yang seperlunya saja untuk memenuhi kebutuhan. Dengan kata lain harus pandai mengatur prioritas dalam mengatur keuangan. Gak perlu berlebihan dalam memenuhi kebutuhan hidup, asalkan sudah mencukupi maka sisa uangnya bisa disimpan. Jadi harus pandai-pandai juga mengatur batas untuk diri sendiri, gaya hidupnya disesuaikan dengan bijak.

Bersyukur tapi tidak cepat puas dengan apa yang didapatkan

Prinsip kedua yang juga penting ialah berapapun penghasilanmu saat ini patut disyukuri, akan tetapi jangan mudah puas dengan itu. Karena bersyukur bukan berarti kamu jadi pasrah dan memilih untuk stuck di situ saja. Hal ini sangat penting agar dirimu terus berusaha meningkatkan penghasilan hingga mencapai financial freedom nantinya. Karena realistis saja, kebutuhan hidup bertambah banyak dari hari ke hari dan hal ini penting untuk membuat hidupmu terjamin ke depannya.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Negosiasi Gaji

Harus bermanfaat untuk mengembangkan diri

Prinsip terakhir yang penting untuk dimiliki saat punya penghasilan sendiri ialah gaji atau penghasilanmu haruslah bermanfaat dengan baik. Salah satu manfaatnya ialah untuk menambah skill, meningkatkan kemampuan diri, ataupun menambah wawasanmu. Karena investasi paling bermanfaat ialah investasi pada diri sendiri, yang mana kamu rela mengeluarkan biaya untuk semakin berkembang dan jadi lebih baik. Dengan begitu tidak ada yang sia-sia dari penghasilanmu.

Sekian artikel tentang prinsip saat memiliki penghasilan sendiri. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Karyawan MInta Naik Gaji? Lakukan 3 Hal Ini!


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar