3 Keuntungan Menjadi Peternak Ayam
Siker.id | 09 Jun 2022 19:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Dalam dunia bisnis, banyak para pengusaha yang mengincarkan bisnis ternak, salah satunya ternak ayam. Ilmu tentang beternak ayam juga sangat diperlukan agar meminimalisir berbagai resiko yang mungkin bisa terjadi saat beternak. Saat ini, ada banyak jenis ayam yang bisa dijadikan sebagai hewan ternak, misalnya seperti ayam layer, ayam potong, dan lain sebagainya.

Nah, bisnis ternak tentunya sangat menguntungkan dan dibawah ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga : 4 Tips Memulai Usaha Laundry

1. Target Pasar Luas

Keuntungan yang pertama adalah memiliki target pasar yang luas. Setiap jenis ayam memiliki target pasarnya yang luas. Misalnya saja Anda beternak ayam potong atau broiler, Anda bisa memasarkannya ke pasar tradisional, mini market modern, rumah makan dan lain sebagainya.

Saat ini ayam broiler bisa dipasarkan dimana saja. Begitu pula dengan ayam layer, telurnya bisa dipasarkan ke warung tradisional, ke pasar, mini market, atau ke rumah makan. Target pasar yang luas membuat Anda tidak perlu bingung memasarkan hasil ternak ke mana sebab jika berkualitas sudah ada konsumen yang datang ke peternakan untuk membeli hasil produksi.

Baca juga : Yuk, Simak ! Begini Prospek Kerja Lulusan Peternakan

2. Harga Stabil

Daging ayam memiliki harga yang stabil dan jarang mengalami penurunan. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi peternak ayam. Saat-saat tertentu justru daging ayam akan mengalami peningkatan harga yang signifikan, seperti saat Idul Adha atau Idul Fitri.

Banyaknya yang membutuhkan daging tersebut membuat harganya bisa meningkat dengan drastis. Pada hari biasa pun harga ayam cenderung stabil, jika mengalami penurunan waktunya tidak akan lama.

3. Masa Panen yang Cepat

Keuntungan mendirikan peternakan ayam adalah masa panen yang cepat. Khusus untuk ayam broiler dan juga ayam layer ini memiliki masa panen yang cepat sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan perputaran modal yang juga cepat. Sedangkan untuk ayam kampung waktu panen tercepat adalah 3 bulan.

Demikian di atas tadi beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat, selain itu beternak ayam juga tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Punya Ternak Ayam? Ini 4 Pakan Terbaiknya


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar