Buka Usaha Peternakan? Ini 3 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan
Siker.id | 09 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Seorang peternak (freepik/siker.id)

siker.id - Berbisnis tidak hanya melulu soal modal pinjaman dan juga produk, tetapi juga harus paham dengan benar tentang bisnis yang akan dijalankan. Apalagi jika bisnis peternakan, bisnis yang bisa dikatakan menguntungkan. Jika ingin berbisnis peternakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Nah, berikut ini ada berbagai hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan ketika ingin memulai bisnis peternakan.

Baca juga : Punya Ternak Ayam? Ini 4 Pakan Terbaiknya

1. Bibit Harus Unggul

Mau tidak mau, ketika Anda memutuskan untuk berbisnis peternakan, bibit harus unggul walau harganya mahal. Bibit yang unggul merupakan jaminan dari kualitas ternak yang sehat, berbobot serta memiliki nilai yang tinggi. Apapun jenis ternaknya dari mulai ayam hingga sapi, pemilihan bibit unggul merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan.

Sayangnya, jika Anda tidak memahami seluk beluk jenis ternak yang akan anda bisniskan, bisa jadi Anda salah membeli bibit. Bibit unggul hanya boleh dikembangbiakkan dengan bibit unggul sejenis. Tapi, jika berdasarkan penelitian bisa dikembangbiakkan dengan bibit unggul lain untuk menghasilkan gen yang lebih baik, maka boleh saja dilakukan.

Baca juga : Cek 5 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

2. Lokasi dan kebersihan kandang

Ini yang belum dipahami oleh banyak para pelaku bisnis ternak. Mereka kadang abai terhadap kenyamanan warga sekitar. Membangun kandang ternak harus sesuai dengan prosedur untuk kesehatan masyarakat setempat. Jika tidak, maka akan berdampak buruk bagi warga sekitar kandang seperti mencium bau tidak sedak, tersebarnya penyakit tertentu bahkan sampai pada pencemaran lingkungan karena limbah ternak.

Pilih lokasi yang jauh dari penduduk, gunakan sistem yang berstandar untuk kebersihan serta kesehatan kandang termasuk juga gunakan sistem pengolahan yang tepat untuk membuang limbah kotoran ternak. Jangan membuang limbah kotoran di sungai, sawah atau tempat yang dibutuhkan banyak orang karena akan menimbulkan berbagai penyakit.

3. Makanan dan vitamin ternak

Berternak sudah seharusnya memberi makan ternak dengan kualitas pakan yang unggul serta vitamin yang tepat. Kualitas pakan akan menentukan bobot serta kesehatan ternak. Disarankan hanya membeli pakan ternak dari produsen pakan yang sudah terverifikasi atau terdaftar. Ada banyak lembaga penelitian yang menjual hasil penelitian pakan ternak unggul.

Untuk vitamin, ternak juga membutuhkan vitamin yang tepat. Vitamin sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kualitas ternak. Ternak juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Pemberian vitamin seperti suntik tentu harus melewati beberapa prosedur sehingga kualitas ternak akan sangat tinggi.

Nah, itulah dia beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan ketika Anda memutuskan ingin memulai bisnis peternakan, semoga bermanfaat.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Hal yang Bisa Dilakukan saat Mencari Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar