3 Cara Pengusaha agar Karyawannya Tidak Resign
Siker.id | 09 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Karyawan resign (siker)

siker.id - Menjadi seorang pengusaha memang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah untuk dijalani. Sebetulnya ada banyak sekali tantangan yang harus siap dihadapi, khususnya apabila berkaitan dengan para pegawai. Hal ini disebabkan keberadaan pegawai bagi suatu usaha merupakan hal yang sangat pokok. Para pengusaha tentu tidak ingin jika para pegawainya sampai berbondong-bondong resign dari bisnis yang dijalani sehingga nantinya akan mengganggu proses usaha. Untuk mencegah hal tersebut para pengusaha dapat melakukan beberapa tips berikut ini dalam mengatasinya.

Baca juga: Yuk, Simak! Tata Cara Resign yang Baik dan Benar

Berikan apresiasi dan pujian

Kadang kala banyak pengusaha yang hanya mengejar target, namun lupa dengan orang-orang di belakangnya. Ada banyak sekali pihak yang turut berkontribusi dalam menyukseskan suatu proyek atau bisnis tertentu yang dijalani. Hal terpenting untuk diperhatikan adalah bagaimana para pengusaha dapat berusaha untuk terus memberikan apresiasi dan pujian secara penuh pada pegawainya. Dengan demikian, satu sama lain akan terus merasa dihargai posisinya secara maksimal.

Lakukan evaluasi secara berkala terhadap hal apa pun

Ada banyak alasan yang membuat para pegawai memutuskan untuk resign, bahkan salah satunya adalah karena senioritas. Senioritas hingga perundungan memang bukan kewenangan dan salah dari pengusaha terkait sebab hal tersebut biasanya berasal dari sesama rekan kerja yang ada di sana. Hal terbaik yang bisa dilakukan para pengusaha dalam mengatasi persoalan ini adalah dengan melakukan evaluasi secara berkala terhadap hal apa pun. Dengan demikian, kemungkinan untuk terjadinya perundungan dapat diatasi secara maksimal.

Baca juga: 4 Cara Terbaik Resign Mendadak Agar Tidak Ada Kesan Buru

Menjalin hubungan yang baik antara atasan dan pegawai

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan oleh atasan adalah dengan berusaha menjalin hubungan yang baik satu sama lain. Bukan hanya mengenai para pegawai yang berusaha hormat pada atasannya, namun juga sebaliknya. Dengan menjalin hubungan yang baik bersama pegawai, hubungan tersebut akan dapat berkembang layaknya sahabat. Biasanya, jika keakrabannya sudah lebih jauh, akan mengurangi kemungkinan resign yang mungkin dilakukan. Namun, tetap buatlah jarak yang jelas untuk menghindari kemungkinan tersebut.

Sekian artikel tentang cara pengusaha agar karyawannya tidak resign. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Resign Mendadak yang Sopan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar