3 Manfaat Memberi Fasilitas Makan Siang Karyawan
Siker.id | 08 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Sekarang ini, beberapa perusahaan memberikan fasilitas tidak hanya tunjangan kesehatan, tetapi makan siang dan coffe break pun juga ada. Namun, sudah tidak banyak ditemui perusahaan yang memberikan fasilitas makan siang tersebut, malahan sekarang ini diberikan dalam bentuk uang. Opsi ini digunakan karena dianggap menjadi praktis daripada menyediakan makan siang.

Padahal, memberikan fasilitas makan siang bersama di kantor memiliki banyak manfaat lho. Nah, berikut ini beberapa manfaatnya.

Baca juga : 3 Manfaat Supply Chain Management dalam Perusahaan

1. Mampu Mengakrabkan Karyawan

Bisa saja dalam satu perusahaan, terlebih yang jumlah karyawannya lebih dari 200 orang antara satu karyawan dengan karyawan lainnya tak saling mengenal. Apalagi jika karyawan tersebut tak pernah bekerja sama sebelumnya baik dalam proyek besar maupun aktivitas internal perusahaan.

Menyediakan makan siang bisa jadi satu solusi jitu mengatasi masalah ini. Jika Anda menyediakan makan siang dan mewajibkan para karyawan untuk makan bersama di satu ruang khusus, memungkinkan komunikasi akrab bisa terjalin.

Tanpa Anda sadari, menyediakan makan siang ini juga bisa meningkatkan produktivitas. Selain itu, menyediakan makan siang di kantor juga bisa menurunkan persentase karyawan yang terlalu sering keluar kerja dalam waktu lama dengan alasan untuk makan siang.

2. Makan Siang Di Luar Lebih Berisiko bagi Karyawan

Membiarkan karyawan untuk makan siang sendiri di luar kantor sebenarnya sangat berisiko. Bisa saja makanan yang mereka konsumsi gizinya tak seimbang, sehingga menyebabkan karyawan jadi keseringan sakit. 

Baca juga : 3 Manfaat Bagi Perusahaan bila Karyawannya Bahagia

Menurut beberapa penelitian makanan yang tak bergizi seimbang dapat mengurangi tingkat konsentrasi yang berakibat pada menurunnya mood kerja atau rasa kantuk berlebih.

3. Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Jika Anda menyadari, beberapa perusahaan dunia yang berhasil masuk daftar perusahaan dengan manajemen HR terbaik versi WorkForce adalah perusahaan yang menyediakan makan gratis bagi karyawannya. Sebut saja Google dan Apple.

Dua perusahaan ini dikenal sangat loyal dan peduli kepada karyawan, salah satu caranya adalah dengan menyediakan makan siang gratis dengan standar bintang lima dan gizinya seimbang.

Perusahaan-perusahaan ini sadar bahwa produktivitas dan performa kerja karyawan akan otomatis meningkat saat mereka mau ‘berkorban’ sedikit untuk menyediakan makanan yang bergizi dan lezat bagi perusahaan.

Itulah dia beberapa manfaat dari memberikan fasilitas makan siang kepada karyawan, selain itu juga bisa meningkatkan employee engagement, lho.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Manfaat Memiliki Growth Mindset Di Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar