3 Tips Jitu Untuk Karyawan Introvert Di Kantor
Siker.id | 07 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kepribadian introvert seringkali diberi label dengan antisosial. Seseorang yang introvert ini kerap kali dianggap tidak bisa bekerja dengan tim, padahal mereka mampu untuk menunjukkan hasil kerja yang baik juga. Hanya saja memang mereka memiliki kepribadian yang tertutup.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk seorang introvert yang bisa dilakukan di kantor agar bisa menunjukkan performa kerja yang baik.

Baca juga : 3 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Kemajuan Karir

1. Jadilah pendengar dan penganalisis terbaik di dalam meeting

Mungkin Anda memang tidak bisa bicara sebanyak karyawan lain saat meeting. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa tampil menonjol.

Serap informasi sebanyak-banyaknya dari diskusi yang sedang berlangsung, buat analisis menyeluruh, dan sampaikan solusi yang bisa Anda tawarkan. Penjelasan singkat, padat, dan berbasis analisis mendalam yang Anda tawarkan bisa jadi jauh lebih impresif daripada pernyataan panjang lebar tanpa solusi.

Baca juga : 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?

2. Bangun hubungan dengan cara Anda sendiri

Orang-orang introvert kerap dituduh tidak bersahabat dan sulit berinteraksi dengan orang lain. Kenyataannya, orang-orang dengan kepribadian tertutup bukannnya tidak suka berbicara dengan orang lain. Mereka hanya lebih suka dengan interaksi personal empat mata daripada mengobrol dengan banyak orang sekaligus.

Membangun hubungan dengan rekan kerja, klien, dan orang-orang yang mungkin membanntu Anda dalam pekerjaan tetap penting. Anda hanya perlu melakukannya dengan cara Anda sendiri.

3. Berlatih untuk keluar dari zona nyaman

Ini adalah bagian tersulit bagi seorang introvert, yaitu belajar untuk keluar dari zona nyaman. Memang terdengar menakutkan, tetapi sebenarnya Anda bisa melatih kemampuan berbicara sedikit demi sedikit. Ada banyak cara yang bisa dicoba untuk belajar public speaking.

Demikian di atas tadi beberapa tips yang bisa diterapkan oleh seorang introvert, pastikan juga prestasimu bisa terlihat juga ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut 5 Kepribadian dan Pekerjaan yang Cocok


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar