icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Manfaat kerjasama Tim yang Perlu Kamu Tahu
Siker.id | 07 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Manfaat kerjasama tim (siker)

siker.id - Kerjasama tim memiliki peranan penting bagi organisasi dan setiap individu di dalamnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kerjasama dapat meningkatkan semangat, produktivitas, hubungan sosial, komunikasi dan efisiensi dalam pekerjaan. Kerjasama terbukti dapat memberikan keuntungan bagi kesuksesan organisasi. Selain menguntungkan organisasi, kerjasama juga memiliki peranan penting bagi kita. Ketika mampu bekerjasama dengan tim, ini memungkinkan kita untuk menjadi orang yang lebih kreatif dan lebih sukses. Berikut ini manfaat kerjasama tim yang perlu kamu tahu.

Baca juga: 3 Bentuk Kerjasama Model Partnership

Kerjasama mendatangkan ide-ide yang besar

Sekalipun kita adalah orang yang jenius, kita tidak dapat menghasilkan ide yang besar jika bekerja sendiri, misalnya adalah Albert Einstein. Einstein memang menemukan teori relativitasnya sendiri, tetapi temuan tersebut dihasilkan melalui diskusi yang dilakukan dengan teman dan rekan-rekan kerjanya. Mengapa demikian? Ketika bekerjasama dengan anggota tim lainnya, kita akan saling bertukar pengetahuan dan keterampilan dengan rekan-rekan. Inilah yang membuat kita dapat mengambil sebuah keputusan tepat.

Kerjasama tim membuat kita lebih bahagia

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1000 anggota tim menunjukkan bahwa kerjasama tim mendatangkan kebahagiaan. Umpan balik, rasa hormat dan keterbukaan setiap orang di dalam tim merupakan faktor yang membuat mereka bahagia saat bekerjasama dalam tim. Tentu saja, pekerja yang bahagia akan menghasilkan produktivitas tinggi yang juga bermanfaat bagi kesuksesan organisasi.

Baca juga: 3 Kunci Sukses Membentuk Kerjasama Tim

Kerjasama tim meningkatkan kesuksesan organisasi

Di era teknologi yang semakin maju saat ini, kita dituntut untuk memiliki keterampilan tertentu. Tentu saja, tidak ada individu yang dapat menguasai seluruh keterampilan yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan tim. Dengan bekerjasama dalam tim, setiap orang dapat memegang peranannya masing-masing dengan keterampilan yang dimiliki sehingga anggota tim yang satu dapat melengkapi anggota tim lainnya. Keterampilan unik yang dimiliki dapat membuat setiap orang bersinar dan menghasilkan kinerja yang luar biasa. Dengan begitu, tim akan mudah mencapai tujuan bersama.

Sekian artikel tentang manfaat dari kerjasama tim. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini 5 Games Team Building Untuk Kerjasama Tim


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar