3 Tips Tetap Bahagia walau Banyak Hambatan
Siker.id | 07 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Bahagia walau ada hambatan (siker)

siker.id - Beberapa orang bijak mengatakan bahwa, “Untuk meraih kebahagiaan sejati, kita perlu menjadi individu yang berani dalam menghadapi hambatan dalam hidup”. Entah itu adalah hambatan dalam mencapai tujuan hidup, hambatan dalam bersosialisasi, hambatan untuk mengembangkan diri, hambatan komunikasi dan lain sebagainya. Orang-orang yang bisa meraih kebahagiaan sejati adalah mereka yang berani melawan semua bentuk hambatan yang ada. Berikut ini tips tetap bahagia walau banyak hambatan.

Baca juga: Tips Bahagia saat Masuk Dunia Kerja

Kita Harus Berlatih Menjadi Orang yang Sabar

Masalah atau hambatan hidup adalah sesuatu hal yang akan terus datang ke dalam kehidupan kita sampai kapanpun selama kita masih hidup di dunia ini. Cara untuk meraih kebahagiaan yang stabil atau tetap adalah dengan mengakui kehadiran masalah di dalam hidup kita dan berusaha sekuat tenaga untuk bersabar dalam menghadapinya. Seperti kutipan lirik lagu Chrisye yang mengatakan, “Badai, pasti berlalu”. Sama halnya dengan setiap permasalahan yang menghampiri kita, semua itu akan berlalu begitu saja setelah kita mencoba untuk menyelesaikannya dengan baik. Layaknya ketika kita menunggu dengan sabar melalui badai, sampai badai benar-benar berakhir dan jalanan di hadapan kita semakin terlihat jelas.

Hindari Sikap “Suka Menyalahkan Orang Lain”

Setiap orang memiliki permasalahan dan hambatan hidupnya masing-masing. Tanpa kita harus menyalahkan orang lain, semua permasalahan itu akan tetap datang ke dalam kehidupan kita. Sikap menyalahkan orang lain atas penderitaan yang kita rasakan hanya akan merampas kebahagiaan yang kita miliki. Setiap saat, yang kita rasakan hanyalah perasaan menyalahkan dan dendam terhadap orang lain. Padahal, belum tentu mereka adalah penyebab dari semua permasalahan yang hadir dalam kehidupan kita. Resepnya, coba untuk memahami bahwa ada banyak orang yang sedang menghadapi permasalahan yang jauh lebih mengenaskan, menyedihkan dan lebih berat daripada kita.

Baca juga: Faktanya Karyawan Usia Produktif Tidak Bahagia Lembur

Kita adalah Penentu Kebahagiaan Kita Sendiri

Kebahagiaan kita adalah terserah kita. Maknanya, tidak ada satu orang pun yang berhak mendikte “Bagaimana kita harus bahagia? Apa saja yang harus membuat kita bahagia? Bahkan, kapan kita harus merasa bahagia?” Selain itu, kita juga perlu menyadari bahwa kehidupan adalah campuran dari kebahagiaan dan kesedihan, sehingga kehidupan akan menjadi sesuatu yang seimbang. Jadi jika kesedihan datang berupa permasalahan atau hambatan hidup, itu hanyalah penyeimbang dari kebahagiaan yang selama ini kita rasakan.

Sekian artikel tentang tips tetap bahagia walau banyak hambatan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Mendapatkan Pekerjaan yang Selalu Bikin Bahagia


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar