3 Kriteria Utama dalam Perekrutan Pegawai Baru
Siker.id | 06 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Kriteria perekrutan pegawai (siker)

siker.id - Untuk para pengusaha yang memiliki bisnis dari skala kecil hingga besar, proses perekrutan pegawai tentu menjadi momen yang cukup sulit. Hal ini semakin terasa apabila proses pelamaran tidak seperti yang diharapkan sehingga harus ekstra selektif dalam memilih pegawai yang tepat. Sebetulnya hanya melihat calon pegawai dari latar belakang pendidikan dan keahlian saja tidak cukup. Para pengusaha perlu melihat calon pegawainya melalui beberapa kriteria penting berikut ini.

Baca juga: 3 Strategi Jitu dalam Proses Perekrutan Karyawan

Bebas dari catatan kriminal

Tidak ada orang yang ingin memperoleh pegawai dengan catatan kriminal. Tentunya hal inilah yang juga perlu diperhatikan oleh para pengusaha yang ingin merekrut pegawai baru. Pastikan para pegawai telah terbebas dari catatan kriminalitas sehingga bersikap baik dan integritas bekerjanya tetap terjaga. Seseorang yang memiliki catatan kriminal akan memberikan penilaian yang berbeda bila melamar di suatu perusahaan.

Attitude dan sikap

Hal selanjutnya yang juga harus menjadi pertimbangan bagi para pengusaha dalam merekrut calon pegawai adalah dengan melihat attitude dan sikap. Kedua hal ini menjadi satu urusan penting yang harus dipertimbangkan sebelumnya. Rasanya sangat percuma apabila merekrut seorang pegawai yang andal, namun tak memiliki attitude dan sikap baik. Hal ini jelas saja akan mencoreng integritas penting yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca juga: Berikut Perbedaan Perekrutan Jaman Dulu dengan Sekarang

Etika bekerja yang semestinya dijunjung tinggi

Melakukan proses pekerjaan bukan hanya mengenai bagaimana cara kamu dalam menyelesaikan tugas, namun lebih dari itu juga berkaitan dengan persoalan kode etik. Setiap profesi memiliki kode etik yang berbeda-beda dan hal ini perlu dijunjung secara cermat. Jika seorang pegawai tak memiliki etika bekerja yang baik, rasanya akan sulit untuk menjaga integritas dalam bekerja. Namun, apabila pegawai mampu menjaga kode etik dengan baik, hal ini bisa menambah nilai tambah tersendiri.

Sekian artikel tentang kriteria dalam perekrutan pegawai baru. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tren Terbaru Perekrutan Era Teknologi


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar