4 Tips Memulai Usaha Laundry
Siker.id | 06 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Memiliki sebuah bisnis tentunya menjadi keinginan banyak orang, apalagi bisnis tersebut tidak menuntut banyak skill. Salah satu bisnis tersebut yaitu laundry. Bisnis ini tentunya juga sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama untuk orang-orang yang tinggal di tempat kos. 

Sebelum memulainya, bisa di simak berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendirikan bisnis laundry.

Baca juga : 3 Tips Live Stream Penjualan Di TikTok Bisa Maksimal

1. Pahami Seluk Beluk Laundry

Untuk membuka usaha laundry kiloan, Anda bisa saja langsung membukanya tanpa berpikir panjang. Namun, cara terbaik memulai bisnis ini adalah melakukan riset terlebih dahulu tentang seluk beluk kegiatan laundry. Bertanya kepada orang yang paham bisnis ini juga langkah yang tepat.

Kelebihan melakukan opsi ini adalah Anda akan paham mengenai beberapa hal, seperti peluang usaha laundry, persiapan peralatan, desain pelayanannya, biaya operasional, hingga promosinya.

2. Menentukan Lokasi

Salah menentukan lokasi akan membuat bisnis Anda sepi pelanggan dan akhirnya cepat gulung tikar. Sebelum menentukan lokasi bisnis, Anda harus paham mengenai siapa target market Anda.

Misalnya mahasiswa, pekerja kantoran, dan rumah tangga adalah market utama Anda. Oleh karena itu, pilihlah lokasi bisnis yang dekat dengan kos-kosan tempat tinggal mereka. Tujuannya agar mudah dijangkau dan ditemukan oleh mereka.

Baca juga : 4 Tips Untuk Memulai Bisnis Coffee Shop

3. Buat Standar Pelayanan yang Memuaskan

Harga murah bukalah satu-satunya untuk memenangkan persaingan antar laundry. Justru pelayanan yang memuaskan adalah hal yang penting. Anda perlu mengedukasi karyawan bagaimana cara mencuci yang benar sesuai jenis kainnya. Customer service juga perlu belajar bagaimana menangani komplain pelanggan.

Selain itu, Anda juga butuh prosedur bagaimana mencegah terjadinya masalah yang sering dialami laundry, seperti pakaian tertukar, rusak, dan hilang. Untuk meningkatkan pelayanan, berikan jaminan atas kesalahan yang dilakukan oleh bisnis laundry Anda. Contohnya mengganti kerugian pelanggan dengan kompensasi berupa uang atau memberikan gratis laundry untuk berapa kali.

4. Tentukan Strategi Marketing

Anda tahu bahwa market Anda kebanyakan adalah pengguna smartphone yang aktif di dunia online. Melihat kondisi ini maka Anda perlu memasukkan strategi online marketing ke bisnis Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa ditemukan secara online oleh pelanggan di sekitar Anda.

Agar bisnis Anda muncul di online, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Google My Business. Layanan ini akan membuat bisnis Anda muncul di Google Map. Ketika pelanggan Anda mencari jasa di Google, kemungkinan mereka akan menemukan Anda.

Itulah dia beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis laundry ini, selain itu amati juga kompetitor dan harga yang akan Anda berikan pada target market Anda. Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Memulai Karir Menjadi Wartawan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar