Karyawan Memiliki Loyalitas Tinggi? Ini 3 Faktornya!
Siker.id | 06 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Karyawan yang loyal merupakan karyawan yang sudah bekerja untuk perusahaan dan selalu fokus pada kesuksesan perusahaan. Karyawan yang memiliki loyalitas berdedikasi untuk membantu perusahaan tumbuh dan berkembang.

Loyalitas dalam bekerja inilah yang ternyata bisa berdampak bagi perkembangan karir seorang karyawan. Namun, biasanya ada upaya dari perusahaan untuk menumbuhkan loyalitas tersebut ke karyawan. 

Baca juga : Berikut 6 Faktor Yang Mempengaruhi Karir Seseorang

Nah, berikut ini ada beberapa faktor mengapa karyawan memiliki loyalitas terhadap perusahaan.

1. Jenjang karir

Saat memutuskan bekerja di suatu perusahaan, karyawan tentu akan memikirkan kemungkinan jenjang kariernya di perusahaan tersebut. Apabila sebuah perusahaan menawarkan jenjang karier yang jelas untuk karyawan, maka besar kemungkinan karyawan tersebut akan tetap tinggal dan loyal terhadap perusahaan.

Perlu diingat bahwa karyawan juga memiliki goals atau tujuan dalam kariernya. Jika perusahaan bisa mendukung karyawan untuk mencapai tujuan kariernya, maka besar kemungkinan karyawan tersebut menjadi loyal terhadap perusahaan. 

Baca juga : 3 Faktor yang Menguatkan Sebuah Tim

2. Gaji dan fasilitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan karyawan bekerja adalah untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari. Karyawan dengan gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya kemungkinan besar akan membuat karyawan loyal terhadap perusahaan.

Selain itu, jika perusahaan juga mampu memberikan fasilitas yang mendukung pekerjaan karyawan maka akan membuat karyawan lebih nyaman dalam bekerja dan semakin menumbuhkan loyalitasnya dalam bekerja. Tidak bisa dipungkiri bahwa pada kenyataannya untuk sebagian besar karyawan bahwa gaji dan fasilitas menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan.

3. Budaya perusahaan dan lingkungan kerja

Faktor yang mempengaruhi loyalitas berikutnya adalah budaya perusahaan dan lingkungan kerja. Karyawan yang merasa cocok dan nyaman dengan budaya perusahaan cenderung akan membuat loyalitasnya terhadap perusahaan meningkat karena ia memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaan. 

Selain itu, lingkungan kerja yang positif dan mendukung seorang karyawan untuk bertumbuh juga menjadi faktor loyalitas karyawan. Contoh lingkungan kerja yang positif misalnya rekan kerja yang suportif dan atasan yang menghargai dan memberikan apresiasi terhadap kerja keras anggota timnya.

Demikian di atas tadi adalah beberapa faktor kenapa karyawan memiliki loyalitas terhadap perusahaan, semoga membantu ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Faktor Penghambat Produktivitas Kerja Karyawan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar