3 Penerapan Active Listening di Tempat Kerja
Siker.id | 06 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Active listening (siker)

siker.id - Menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja atau atasan, akan membuat hubungan yang sehat dalam lingkungan pekerjaan. Salah satu keterampilan komunikasi yang dibutuhkan saat bekerja, yakni kemampuan active listening. Active listening sendiri berarti kamu dapat fokus saat mendengarkan orang lain bicara dan memahami apa yang disampaikan, sehingga lawan bicara merasa dihargai. Berikut tiga cara menerapkan keterampilan active listening di tempat kerja.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Generation Gap DI Tempat Kerja

Tunjukkan bahwa kamu mendengarkan

Salah satu cara menunjukkan bahwa kamu sedang mendengarkan lawan bicara, yakni dengan menggunakan bahasa tubuh. Cobalah untuk tersenyum sesekali atau membuat ekspresi wajah yang tepat. Kamu juga pantang memotong ucapan dari lawan bicara, biarkan ia berbicara sampai selesai. Hal itu dikarenakan agar kamu dapat benar-benar memahami konteks yang disampaikan lawan bicara.

Jangan langsung memberi penilaian

Berpikiran netral dan terbuka sangat penting dilakukan saat mendengarkan pembicaraan. Cobalah mengolah informasi yang disampaikan lawan biacara terlebih dahulu sebelum memberikan penilaian. Hal itu berguna supaya kamu dapat menjalin komunikasi yang efektif. Sehingga, kamu dan lawan bicara dapat terhindar dari kesalahpahaman.

Baca juga: 3 Manfaat Memiliki Growth Mindset Di Tempat Kerja

Berikan respon yang tepat

Sebagai pendengar yang aktif, sudah semestinya kamu memberikan respon yang objektif kepada lawan bicara. Kamu bisa menanyakan pertanyaan terbuka terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat mengetahui respon apa yang diharapkan oleh lawan bicara. Kamu juga bisa menunjukkan rasa empati dan mimik wajah yang sesuai dengan kondisi yang diceritakan oleh rekan kerja atau atasanmu.

Sekian artikel tentang tips penerapan active listening di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Hal yang Ditakuti Karyawan di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar