3 Etika untuk Perkembangan Karir
Siker.id | 06 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Etika karir (siker)

siker.id - Jika kamu adalah seorang pekerja yang peduli akan perkembangan kariermu, maka kamu perlu untuk memperhatikan etika. Baik etika dalam bersikap dan memperlakukan orang lain, maupun etika dalam menjalankan peraturan perusahaan yang sudah ditetapkan. Nah, etika apa sajakah yang penting untuk perkembangan kariermu? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Cara Membangun Mindset untuk Kemajuan Karir

Etika dalam menempatkan diri yang baik di dalam segala situasi dan kondisi

Sebagai seorang pekerja yang dewasa dan bertanggung jawab, tentu kamu harus berhati-hati dalam bersikap dan mengambil suatu tindakan. Baik itu dalam hal pengambilan keputusan maupun dalam penyelesaian masalah yang ada. Di mana hal tersebut tidak hanya berlaku dalam hal pekerjaan, namun juga konflik-konflik yang mungkin terjadi antar rekan kerja. Nah, untuk itu kamu harus bisa memikirkan dampak negatif dan positif yang akan terjadi sebelum kamu melangkah lebih jauh. Oleh karena itu, kamu harus tahu etika dalam menempatkan diri yang baik dan bagaimana beradaptasi di dalam segala situasi dan kondisi.

Etika dalam berperan aktif di tempat kerja

Di zaman digital saat ini, tentunya grup chat kantor adalah hal yang biasa. Di mana grup tersebut dibuat agar dapat memudahkan komunikasi antar rekan kerja dan atasan. Oleh karena itu, kamu jangan diam saja saat terjadi komunikasi di dalam grup tersebut. Kamu bisa memberikan respons seperti membalas chat atasan saat memberikan perintah pekerjaan atau kamu memberikan informasi perihal pekerjaan yang berkaitan dengan rekan satu tim. Karena tentunya pekerjaanmu dengan rekan lainnya akan berkaitan satu sama lain. Kemudian, ikut sertalah saat ada kegiatan yang diadakan oleh perusahaan.

Baca juga: 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup

Etika dalam menjaga penampilan dan sikap

Etika yang selanjutnya adalah dengan menjaga penampilan dan sikapmu, baik kepada rekan kerja, atasan maupun klien. Bayangkan jika kamu tidak menjaga penampilanmu dan datang ke tempat kerja dengan kondisi tidak rapi dan berantakan, bukankah akan membuat orang yang berada di sekitarmu merasa tidak nyaman? First impression pertama kali yang dilihat oleh klien tentunya adalah penampilanmu yang rapi, kemudian ditunjang dengan sikapmu yang sopan, ramah dan profesional dalam menghadapi klien. Dengan menciptakan kesan pertama yang baik dan positif tentu akan memudahkanmu untuk berkomunikasi dan membahas pekerjaan. Penampilan dan sikap yang baik juga menunjukkan bahwa kamu menghargai dan menghormati pertemuanmu dengan klien.

Sekian artikel tentang etika buat perkembangan karir. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Karakteristik Profesional yang Jadi Kunci Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar