3 Tips Memulai Karir Menjadi Wartawan
Siker.id | 06 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Wartawan adalah profesi dimana seseorang melakukan kegiatan jurnalistik atau menuliskan berita dan hasil dari tulisannya tersebut dikirim atau dimuat pada media massa. Wartawan adalah salah satu profesi yang bisa dibilanng cukup berat. Beberapa ahli politik memiliki pendapat bahwa wartawan merupakan kekuatan keempat dalam sebuah negara setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Jika kamu bercita-cita ingin menjadi seorang wartawan, ini dia beberapa tips yang harus kamu matangkan untuk bersiap berkarir. Simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Tips Memulai Karir Menjadi Penulis

1. Siapkan Mental

Untuk setiap profesi sebenarnya dibutuhkan mental yang tangguh. Karena seseorang yang terjun pada profesi tertentu sudah melalui masa sekolah, kuliah, atau belajar mendalami bidang profesi tersebut. 

Secara ilmu, mungkin akan sama untuk teori dan praktik bahwa dalam menulis judul berita yang paling baik harus terdiri dari lima kata saja. Tetapi untuk hal-hal lain seperti misalnya dimarahi karena narasumber tidak menyukai pertanyaan kita, ditegur oleh sesama rekan wartawan di lapangan karena pertanyaan kita dianggap tidak penting, atau dimarahi editor karena tulisan dan pertanyaan yang dibuat kurang mendalam, itu tidak dipelajari selama sekolah. Untuk itu mental menghadapi situasi-situasi seperti itu sangat diperlukan.

Baca juga : 3 Cara Membangun Mindset untuk Kemajuan Karir

2. Banyak Baca

Banyak membaca merupakan hal wajib yang juga harus kamu lakukan, karena membaca adalah modal untuk bertanya dengan narasumber maupun berdiskusi dengan editor untuk pemilihan angle berita. Dan tidak ada wartawan yang andal menulis jika tidak diimbangi dengan banyak membaca.

Semakin banyak baca akan semakin kaya tulisan dan pemikiran kita. Dijamin, kamu akan jadi wartawan yang bisa mendapat kepercayaan dari narasumber dan jadi kesayangan editor.

3. Membiasakan Menulis

Karena pekerjaan utama wartawan adalah menulis, maka kemampuan menulis adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar. Kalau sekadar menulis, semua orang bisa. Tetapi apakah tulisan kamu enak dibaca atau tidak, itu yang harus dibuktikan. Media-media sekarang juga beberapa yang sudah menempati urutan tertentu tetapi masih saja tidak enak dibaca.

Nah, itulah dia beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai karir menjadi seorang wartawan, selain itu juga jangan takut salah dalam melakukan tugasmu. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar