3 Tips Mendelegasikan Pekerjaan dengan Benar
Siker.id | 03 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Delegasikan pekerjaan (siker)

siker.id - Bagi kamu yang berkecimpung di dunia kerja tentu tidak asing dengan istilah delegasi, yaitu memberikan tugas dana tanggung jawab pekerjaan kepada orang lain. Delegasi biasanya terjadi saat ada rekan kerja yang resign, sehingga membutuhkan orang lain untuk bisa mengerjakan pekerjaannya saat belum ada yang bisa menggantikan posisinya tersebut. Atau ada rekan kerja yang cuti panjang, misalnya cuti melahirkan sehingga bisa tidak masuk kerja selama berbulan-bulan, maka diperlukan orang lain untuk mengerjakan pekerjaannya selama tidak masuk kantor. Berikut ini tips mendelegasikan pekerjaan dengan baik.

Baca juga: 3 Tips Mendelegasikan Pekerjaan yang Tepat

Memberikan penjelasan dengan rinci dan detail

Saat menjelaskan pekerjaan, lakukanlah dengan rinci dan detail kepadanya. Minta dia untuk memperhatikan dan mencatat apa yang kamu ajarkan. Jika perlu, kamu juga bisa memberikannya catatan tertulis yang sudah kamu buat untuknya agar bisa lebih memudahkannya menerima delegasi pekerjaan yang kamu berikan. Catatan tersebut bisa berisikan alur pekerjaan, apa saja pekerjaan yang kamu pegang hingga hal-hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat dia memegang pekerjaanmu.

Mempraktikkan apa yang sudah kamu jelaskan kepadanya

Setelah secara teori dia sudah memahami apa yang kamu katakan, maka selanjutnya aplikasikanlah secara langsung bersama dengannya. Praktikkan kepadanya apa yang sudah kamu jelaskan sebelumnya. Kemudian, agar dia bisa memperhatikan secara seksama, maka kamu juga harus melakukannya secara perlahan-lahan, karena tentunya antara teori dengan mengaplikasikannya langsung akan berbeda. Jika dia sudah melihatmu melakukannya, maka kali ini mintalah dia yang mengerjakannya, namun kamu tetap mendampinginya.

Baca juga: 3 Cara Mudah Follow Up Pekerjaan Ke Staff

Berikan dia kesempatan untuk bisa mengeksplorasi

Saat kamu sudah mengajarkan apa yang selama ini kamu kerjakan, maka selanjutnya berikan dia kesempatan untuk bisa mengeksplorasi sendiri pekerjaan tersebut. Siapa tahu rekan kerjamu memiliki ide yang kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan pekerjaan. Selama hasilnya sama tentu metode apapun tidaklah menjadi masalah. Apalagi jika metode yang dia gunakan ternyata lebih efektif dan efisien. Maka berilah dia pujian, kamu tidak perlu baper saat dia bisa melakukannya.

Sekian artikel tentang tips mendelegasikan pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada semua orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Pekerjaan Paling Dicari Lima Tahun Ke Depan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar