4 Cara Mudah Pecinta Bunga Anggrek Menanamnya
Siker.id | 03 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Bunga anggrek (freepik/siker.id)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Bunga Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang populer dan mudah kamu temui di berbagai toko bunga atau tanaman. Bunga anggrek dapat tumbuh di dalam maupun di luar ruangan, namun ada kalanya bunga anggrek sulit untuk tumbuh karean adanya kesalahan dari cara menanamnya.

Berikut ini ada cara menanam bunga anggrek agar menjadi tanaman hias yang tumbuh dengan cantik dan sehat.

Baca juga : 3 Cara Membangun Mindset untuk Kemajuan Karir

1. Pilih Jenis Bunga Anggrek 

Ada puluhan ribu spesies tanaman bunga anggrek yang dapat kamu pilih untuk menanam anggrek, namun kamu perlu memilih satu jenis tanaman bunga anggrek yang ingin kamu tanam.

 

Apabila kamu seorang pemula, sebaiknya kamu memilih spesies bunga anggrek yang lebih mudah ditanam dibandingkan dengan spesies lainnya. Misalnya seperti spesies cattleya, paphiopedilum, dan phalaenopsis.

2. Siapkan Media Tanam yang Tepat

 

Sebenarnya cara menanam anggrek yang benar berbeda dengan cara menanam tanaman bunga pada umumnya. Kamu perlu memberikan ruang bernafas yang cukup untuk akar-akar bunga anggrek.

Untuk itu, kamu perlu menanam anggrek di media tanam yang lebih longgar dan berpori. Seperti menggunakan campuran arang dan akar pakis yang berongga. 

Baca juga : Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut

3. Pilih Pot yang Tepat

 

Salah satu jenis pot yang tepat untuk menanam bunga anggrek adalah pot yang terbuat dari tanah dengan sistem drainase yang baik. Pot yang terbuat dari tanah dapat membantu mengurangi kelebihan kadar air pada tanaman anggrek akibat dari penyiraman yang berlebihan.

Selain itu, kamu juga perlu memilih ukuran pot yang tepat. Tanaman bunga anggrek umumnya hanya membutuhkan pot kecil untuk tumbuh.

4. Rawat Bunga Anggrek

 

Jika kamu sudah selesai menanam bunga anggrek, kamu hanya perlu merawat dan menyirami tanaman bunga anggrek secara berkala agar bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik. Pastikan bunga anggrek kamu juga mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Kamu juga dapat mengganti pot bunga anggrek secara berkala, biasanya kamu perlu mengganti pot dua tahun sekali ketika tanaman sudah tumbuh menjadi lebih besar atau saat akarnya sekarat.

Demikian tadi beberapa cara menanam bunga anggrek agar menghasilkan bunga tersebut menjadi lebih tampak cantik dan sehat, serta tentunya tidak salah cara menanamnya.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut Kiat Sukses Memulai Usaha Dari Nol


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian