5 Jenis Ikan Hias Yang Mudah Dipelihara Untuk Penghobinya
Siker.id | 03 Jun 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Ikan hias menjadi salah satu hobi bagi banyak orang untuk dipelihara, tidak hanya karena bentuk yang unik dan cantik, tetapi juga mudah dalam perawatannya. Maka tidak heran banyak orang yang rela merogoh kocek hingga puluhan juta untuk membeli ikan hias karena sudah menjadi hobi.

Nah, berikut ada beberapa jenis ikan hias yang menjadi banyak incaran para penghobinya.

Baca juga : Berikut Tata Cara Mengurus Surat Keterangan Usaha

1. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki yang merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya.

Meskipun ikan mas koki menjadi ikan hias yang paling populer, namun ikan ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya. Meski begitu, ada juga jenis ikan mas koki yang mencapai harga ratusan ribu, tergantung jenis dan usianya.

2. Ikan Cupang

Ikan Cupang adalah salah satu ikan hias yang paling populer di Indonesia. Ikan ini mudah sekali untuk ditemukan karena banyak penjual yang menjual ikan cupang. Bahkan, banyak penjual ikan cupang keliling yang kadang bisa kamu temukan di pinggir jalan atau di depan sekolah-sekolah.

Ikan Cupang adalah ikan yang berasal dari jenis ikan berukuran kecil dengan ukuran sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 12,5 cm. Ikan ini sangat unik karena dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut dengan labirin.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Peternakan Ayam

3. Ikan Koi

Ikan koi pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1920-an. Ikan koi termasuk hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah.

Jenis ikan hias ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias akuarium. Namun, biasanya orang memelihara ikan koi ini di dalam kolam. Ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dan biasanya memiliki warna-warna yang sangat cantik yang bisa membuatnya menjadi sangat mahal jika diperjualbelikan.

4. Ikan Lemon

Ikan Lemon diberi nama demikian karena memiliki warna kuning terang seperti buah lemon. Ikan ini terlihat sangat cantik dengan warna kuning yang mencolok tersebut dipadu dengan warna hitam pada ujung sirip atas.

Jenis ikan hias ini banyak sekali diburu para pecinta ikan hias untuk dijadikan koleksi peliharaan di akuarium. Namun, perlu hati-hati jika mencampur ikan ini dengan jenis ikan lain, karena ikan lemon bersifat agresif.

5. Ikan Guppy

Ikan Guppy adalah salah satu jenis ikan hias paling populer di Indonesia. Ikan Guppy memiliki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok.

Bentuknya juga menarik karena ikan ini memiliki ukuran yaitu kurang dari 2,5 cm jika diukur dari kepala ke ekor. Ikan Guppy adalah ikan yang mudah beradaptasi di berbagai lingkungan.

Nah, itulah tadi beberapa ikan hias yang mudah dipelihara untuk para penghobi ikan hias. Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Punya Ternak Ayam? Ini 4 Pakan Terbaiknya


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

TAG :

Komentar