Punya Ternak Ayam? Ini 4 Pakan Terbaiknya
Siker.id | 03 Jun 2022 12:15


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Beternak menjadi banyak diminati oleh masyarakat, bukan hanya karena ayam sebagai bahan makanan sehari-hari, tetapi juga perawatannya tidak sulit dan pakannya yang sederhana. Pastinya memberi pakan ke ayam harus memiliki nutrisi yang seimbang, agar dapat tumbuh dengan sehat.

Berikut ini ada beberapa pakan ayam terbaik. Simak dibawah ini.

Baca juga : Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut

1. Jagung Giling

Jagung yang telah digiling adalah makanan terbaik yang bisa kamu berikan pada ayam. Kandungan dan nutrisi pada jagung juga sangat menyehatkan bagi ayam.

Pada jagung giling, kamu dapat menemukan serat, vitamin C, asam lemak, omega-6, vitamin B, kalium, dan banyak nutrisi lainnya.

2. Pelet

Pelet adalah makanan hewan murah yang terbuat dari bahan makanan yang melalui proses penggilingan serta pemadatan. Umumnya pelet digunakan sebagai makanan untuk ikan atau ayam dan sangat diminati oleh peternak ayam karena harganya yang murah.

Pelet untuk ayam terbuat dari berbagai jenis makanan, seperti sayuran, kunyit, dedak, vitamin, tepung ikan, kedelai, jagung, bekatul, dan air bersih.

Baca juga : Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut

3. Dedak atau Bekatul

Pakan yang satu ini sudah sering menjadi andalan para peternak ayam. Dedak berasal dari limbah penggilingan beras putih, bekatul, protein, natrium, dan lemak.

 

 

Karena gizinya yang kurang lengkap, ada baiknya kamu menyelingi dedak dengan pakan lain agar nutrisi ayam terpenuhi.

4. Tepung Tulang

Pakan ini terbuat dari tulang ikan dan ayam yang sudah tidak diperlukan lagi oleh peternakan. Tepung tulang memiliki kandungan nutrisi yang besar, seperti fosfor, kalium, natrium, mangan, kalsium, dan magnesium.

Salah satu jenis tepung tulang yang baik diberikan pada ayam adalah tepung tulang ikan tuna karena kalsiumnya yang tinggi dan dapat mencegah ayam mengalami pengeroposan tulang.

Nah, itu dia beberapa pakan ayam terbaik yang bisa kamu berikan pada hewan ternak Anda. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Peternakan Ayam


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

TAG :

Komentar
Pencarian