icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Manajemen Waktu dalam Bekerja
Siker.id | 02 Jun 2022 12:30


Bagikan ke
Manajemen waktu dalam bekerja (siker)

siker.id - Manajemen waktu sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitasmu di dalam bekerja. Mengapa? Karena manajemen waktu dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik, maksimal dan tidak melewati batas deadline yang sudah ditentukan. Semakin pandai kamu membuat strategi manajemen waktu dan bisa menerapkannya dengan baik, maka semakin banyak pekerjaan yang dapat kamu selesaikan. Jadi, gunakanlah strategi manajemen waktu yang baik di dalam menyelesaikan semua pekerjaanmu. Nah, kamu bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

Baca juga: 3 Tips Mengatur Manajemen Waktu Buat Milenial

Melakukan estimasi penyelesaian setiap pekerjaan

Dari daftar pekerjaan sebelumnya yang sudah kamu buat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan estimasi berapa lama waktu pengerjaannya hingga bisa menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut. Lalu, kalkulasikan dalam sehari bisa berapa banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan. Namun, yang perlu kamu ingat adalah jangan terlalu memforsir dirimu dengan memaksakan diri mengerjakan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari. Memang niatmu agar bisa segera menyelesaikan semua pekerjaan yang kamu miliki, namun kamu juga perlu memikirkan dirimu sendiri.

Berikan sedikit waktu untukmu beristirahat sejenak

Ingatlah bahwa kamu bukan mesin yang bisa bekerja penuh tanpa kenal rasa lelah. Apalagi jika selama delapan jam kerja kamu tidak istirahat selain jam makan siang. Maka kamu perlu istirahat sejenak agar kamu bisa bekerja secara maksimal. Karena saat rasa lelah datang akibat memaksakan diri bekerja tanpa istirahat malah membuatmu menjadi tidak fokus dan akhirnya bisa melakukan banyak kesalahan. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang fatal dalam bekerja, karena itu akan mempengaruhi karier yang sudah kamu bangun selama ini.

Baca juga: 4 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik

Menyediakan waktu tambahan untuk pekerjaan yang mendadak

Dalam sehari, usahakan untuk menyediakan spare waktu tambahan untuk pekerjaan-pekerjaan yang datang secara mendadak. Misalnya ada pekerjaan yang datang dadakan dari atasan. Jika itu terjadi padamu, jangan jadikan hal tersebut beban, ambil nilai positifnya kamu kamu sudah mendapatkan kepercayaan dari atasan, atasanmu yakin bahwa kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. Lagi pula pekerjaan tersebut akan memberimu tambahan ilmu, informasi dan wawasan baru.

Sekian artikel tentang tips manajemen waktu dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 3 Tanda Manajemen Waktu yang Buruk


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar