icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Menjaga Diri dari Tindakan Korupsi
Siker.id | 02 Jun 2022 07:30


Bagikan ke
jaga diri dari korupsi (siker)

siker.id - Korupsi merupakan tindakan memperkaya diri melalui cara yang salah, yaitu dengan mengambil hak milik orang lain. Rasanya memang sangat tidak etis apabila tindakan korupsi dianggap sebagai hal yang biasa, apalagi sampai menimbulkan kerugian. Korupsi bukan hanya kerap terjadi di dunia politik, namun juga sering terjadi di tempat kerja, Cara-cara khusus yang diambil untuk memudahkan tindak korupsi justru dianggap biasa, padahal jelas sangat berisiko dan menimbulkan kerugian. Untuk menjaga diri dari tindak korupsi di tempat kerja, kamu dapat menerapkan beberapa tips penting yang berikut ini.

Baca juga: Berikut Tips Mengadapi Ajakan Korupsi di Kantor

Menerapkan gaya hidup sederhana dengan keluarga

Ada satu penyebab yang membuat seseorang mudah melakukan korupsi, yaitu tuntutan dari keluarga. Sering kali keluarga dijadikan sebagai alasan dari mengapa maraknya korupsi yangterjadi dan tentu saja hal ini tak akan jauh-jauh dari gaya hidup tinggi. Itulah mengapa sebaiknya kamu mulai menerapkan gaya hidup sederhana bersama keluarga. Dengan demikian, tindakan menuntut yang dilakukan keluarga pun tak akan menjadi penyebab dari korupsi lagi.

Jangan tergoda dan penasaran untuk memasuki lubang hitam korupsi

Kadang kala tindak korupsi bisa terjadi sebab rasa penasaran yang dimiliki. Hal ini kerap terjadi apabila seseorang berada pada lingkungan yang juga menormalisasi tindak korupsi terhadap satu sama lain. Itulah mengapa jangan sampai tergoda, apalagi penasaran untuk memasuki lubang hitam korupsi. Sekali kamu masuk ke dalamnya, kamu akan terjerat dan sulit untuk keluar lagi.

Baca juga: 4 Jenis Korupsi yang Ada di Tempat Kerja

Pahami konsekuensinya

Untuk menjaga diri dari tindak korupsi, terkadang kamu perlu tahu konsekuensi yang mungkin terjadi. Konsekuensi ini memang bisa beraneka ragam jenisnya dan biasanya terhubung pada satu risiko utama, yaitu dibui. Jika kamu sudah memahami konsekuensi yang mungkin terjadi, kamu bisa secara aktif dalam mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Dengan demikian, tindak korupsi juga bisa dihindari.

Sekian artikel tentang tips menjaga diri dari tindakan korupsi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Menghadapi Rekan Kerja Penjilat


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar