3 Tips Membangun Hubungan Positif dengan Rekan Kerja
Siker.id | 31 May 2022 18:00


Bagikan ke
membangun hubungan positif dengan rekan kerja (siker)

siker.id - Di tempat kerja tentunya karyawan merupakan aset terbesar yang dibutuhkan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan kekompakan di dalam tim dan kerja sama yang baik antar karyawan. Untuk mampu menciptakan hubungan yang memiliki energi positif dalam kerja, kamu bisa melakukannya dengan tips-tips berikut ini.

Baca juga: 3 Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Baperan

Melakukan komunikasi dengan baik dan benar

Komunikasi merupakan hal yang penting karena bisa memberikan dampak bagi hubunganmu dengan rekan kerjamu. Bagaimana komunikasi yang terjadilah yang menentukan apakah kamu bisa menjalin hubungan yang baik dan positif atau tidak dengan rekan kerjamu tersebut. Jika kamu ingin membangun hubungan yang positif, maka kamu perlu melakukan komunikasi yang baik dan benar dengan rekan kerja. Selain itu, komunikasi yang baik dan benar juga akan membantumu dalam hal melakukan pekerjaan secara bersama-sama.

Membiasakan diri untuk selalu menyapa

Walau terdengar biasa, namun menyapa rekan kerja perlu kamu lakukan untuk membangun hubungan yang positif. Jangan berpikir bahwa rekan kerjamu akan menyapa lebih dulu, tidak ada salahnya jika kamu yang melakukannya lebih dulu. Bukankah melakukan hal yang baik juga akan membuat mood dan hari-harimu baik juga? Jadi lakukanlah. Saat menyapa, lakukan kontak mata dengan lawan bicaramu dan bersikap ramahlah kepada mereka.

Baca juga: 3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Kurang Berkompeten

Memperlakukan semua rekan kerja dengan adil

Untuk membangun hubungan yang positif dengan rekan kerja, perlakukanlah rekan kerjamu dengan adil. Jangan hanya bersikap ramah dan baik pada rekan kerja yang memiliki jabatan lebih tinggi darimu. Perlakukan hal yang sama sekalipun jabatan mereka setara atau di bawahmu. Menghargai orang lain perlu kamu lakukan apa pun status dan jabatan mereka di kantor. Apalagi jika usia mereka jauh lebih dewasa darimu. Selain itu, jangan pernah memihak kepada siapa pun saat ada konflik internal antar rekan kerja di tempat kerjamu. Cobalah untuk bersikap netral kepada mereka.

Sekian artikel tentang cara membangun hubungan positif dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Membangun Sebuah Koneksi dengan Rekan Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar