icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Menjaga Suasana Hati saat Bekerja
Siker.id | 31 May 2022 15:00


Bagikan ke
Jaga suasana hati (siker)

siker.id - Saat kamu sedang sibuk kerja karena pekerjaan yang menumpuk, kamu perlu menjaga suasana hatimu agar tidak memburuk. Mengapa kita harus menjaga suasana hati? Karena bila suasana hatimu sedang dalam keadaan yang tidak baik, maka akan berdampak pada segala aktivitas yang sedang dilakukan. Misalnya saja, kinerja yang kamu berikan tidak maksimal, kamu jadi tidak fokus selama bekerja, bahkan kamu cenderung akan mudah marah. Karena itu, sesibuk-sibuknya kamu dengan pekerjaanmu, kamu perlu terapkan beberapa cara di bawah ini agar suasana hati selalu stabil dan tidak memburuk.

Baca juga: 3 Ide Penghargaan setelah Bekerja Keras

Mendengarkan musik

Kamu bisa coba mendengarkan musik untuk meningkatkan suasana hatimu saat sedang sibuk. Manfaat sehat dari mendengarkan musik yaitu mengurangi kecemasan, memperbaiki suasana hati, bahkan bisa menjadi pereda sakit. Mengutip Healthline, terdapat peneliti yang melakukan interview ke orang-orang yang mendengarkan musik. Setiap peserta yang ikut penelitian memiliki identitas yang berbeda-beda, seperti usia, jenis kelamin, hingga latar belakang, namun alasan mereka mendengarkan musik pun sangat mirip. Salah satu alasan yang paling umum mendengarkan musik yaitu bisa mengatur emosi mereka dan memberikan kekuatan untuk mengubah suasana hati, hingga bisa membantu orang untuk memproses perasaan mereka.

Tidur yang cukup di malam hari

Saat kamu tidur di malam hari, usahakan kamu mendapatkan waktu tidur selama 7 jam. Sebab, tidur sangat memberikan pengaruh pada tingkat emosional dan fisikmu. Jika kamu tidak cukup tidur, maka bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Mengutip Healthline, kurang tidur bisa berdampak negatif pada keadaan emosional sehingga kita akan merasa tidak sabar dan mengalami perubahan hati. Serta akan memberikan dampak dalam mengambil keputusan dan kreativitas. Nah, bila kamu ingin menjaga suasana hatimu agar tidak mudah emosi, kamu perlu tidur setidaknya 7 jam di malam hari, ya. Dengan begitu, kamu bisa bekerja secara efektif di pagi hari.

Baca juga: 3 Hal yang Membuatmu Nyaman dalam Bekerja

Lakukan komunikasi dengan orang lain

Ketika kamu sibuk bekerja sendiri, kamu akan merasa hubunganmu dengan orang lain akan terputus hingga merasa suasana hati pun perlahan turun. Kamu bisa mulai lakukan komunikasi dengan orang lain, seperti atur pertemuan dengan tim agar bisa mengerjakan proyek bersama atau janjian dengan rekan kerja untuk makan siang bersama. Jika kamu bekerja sendiri atau tidak bekerja di suatu perusahaan, kamu bisa hubungi teman yang berada di suatu komunitas yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Atau kamu bisa lakukan pertemuan atau interaksi dengan temanmu secara rutin di akhir pekan agar mendapatkan energi lebih saat bekerja di hari kerja.

Sekian artikel tentang tips menjaga suasana hati saat bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Keuntungan Memilih Bekerja sebagai Freelancer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar