3 Tanda-Tanda yang Menunjukkan Atasan Manipulatif
Siker.id | 31 May 2022 12:00


Bagikan ke
Tanda atasan manipulatif (siker)

siker.id - Di mana pun berada, kamu harus selalu hati-hati dengan orang toksik, salah satunya yang manipulatif. Gak hanya di dalam pergaulan dan lingkungan sosial tapi juga di tempat kerja, baik itu rekan-rekanmu atau bahkan atasan. Sekalinya kamu masuk ke dalam perangkap orang manipulatif, maka akan sulit untuk membebaskan diri dan benar-benar tersadarkan. Maka dari itu, kamu harus waspada dengan atasan manipulatif yang terlihat dari tanda berikut ini dan juga bagaimana cara mengatasinya dengan bijak dan hati-hati.

Baca juga: 3 Tips Ampuh Ngobrol Dengan Atasan Tanpa Canggung

Membandingkan kerjamu dengan perjuangannya dulu

Tanda atasan yang manipulatif lainnya ialah ia kerap membandingkan kerjamu dengan perjuangannya dulu supaya gak mengeluh dengan pekerjaan. Usaha manipulasi yang dilakukan dengan trik adu nasib yang mana dia merasa lebih superior dengan perjuangannya yang lebih keras dibanding dirimu. Bekerja di bawah atasan yang seperti ini terasa penuh tekanan karena tenagamu bakal dikuras supaya bisa bekerja sama kerasnya seperti dia. Untuk menangani atasan yang seperti ini kamu harus tahu batas kesanggupanmu sendiri dalam bekerja supaya tidak bekerja melebihi kapasitas seharusnya.

Membuatmu merasa bersalah kalau sakit atau libur

Atasan manipulatif juga terlihat dari bagaimana dia yang mempengaruhi mentalmu dengan memberi tekanan batin. Salah satunya dengan membuatmu merasa bersalah ketika mengambil cuti untuk libur atau pada saat sakit dengan mengatakan kalau pekerjaan jadi menumpuk gara-gara tidak ada kamu. Kamu harus peka bahwa ini tindakan yang berusaha membuat batinmu tertekan dan merasa bersalah karena sudah mengambil waktu libur kerja. Tahu bagaimana cara bijak menanganinya? Cukup cuek saja dan bekerja seperti biasa. Kamu memiliki hak untuk mengambil jatah cuti sebagai pekerja dan jangan merasa bersalah akan itu.

Baca juga: 3 Tanda Atasan Jatuh Hati Padamu

Memujimu pada setiap hal supaya semangat untuk kerja lebih rajin dan loyal

Atasan manipulatif tidak hanya memanipulasi dengan cara negatif saja, tapi juga dengan cara yang kesannya positif. Salah satunya dengan memujimu pada setiap hal supaya semakin semangat bekerja penuh dedikasi dan loyalitas padanya. Dia sengaja membuatmu merasa diapresiasi. Biasanya, hal ini terlihat dari pujiannya yang kadang mungkin berlebihan dan terkesan menjilat. Menangani atasan manipulatif seperti ini kamu harus kuat mental dan prinsipnya supaya gak gampang luluh dengan pujiannya.

Sekian artikel tentang tanda-tanda atasanmu seorang yang manipulatif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Etika Bekerja dengan Atasan Baru


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar