3 Hal ini Diperhatikan Sebelum Tawarkan Pekerjaan Sampingan
Siker.id | 31 May 2022 09:00


Bagikan ke
Sebelum menawarkan pekerjaan sampingan. (siker)

siker.id - Pekerjaan sampingan umumnya dicari orang untuk menambah penghasilan mereka. Cukup banyak orang yang giat bekerja sampingan, tetapi ada pula yang merasa tidak membutuhkannya. Ini membuat kamu perlu berhati-hati bila hendak menawarkan pekerjaan sampingan. Meski niatmu baik, yaitu ingin meningkatkan kesejahteraan orang lain, tapi dia belum tentu menerimanya demikian. Kalau kamu mengabaikan beberapa hal di bawah ini sebelum menawarinya pekerjaan sampingan, bisa-bisa ia tersinggung. Berikut penjelasannya!

Baca juga: 3 Cara Mudah Follow Up Pekerjaan Ke Staff

Jika kalian teman sekantor, tawarkan di luar jam kerja dan secara pribadi

Alasannya simpel saja. Tidak etis buat kamu menawarkan pekerjaan sampingan saat kalian berada di kantor yang memberikan penghasilan utama baik untukmu maupun dia. Kesannya, kamu meremehkan tempat kerja kalian. Belum lagi apabila tawaranmu didengar oleh teman-teman atau atasan. Jangan sampai ini mendatangkan masalah buat kalian berdua. Dia pun dapat merasa malu jika kamu menawarinya pekerjaan sampingan di depan orang banyak. Itu mengesankan dirinya lagi butuh duit banget.

Jangan asal memberinya iming-iming hasil besar dan cepat

Mayoritas orang tak akan mau capek-capek bekerja sampingan apabila tidak terdesak kebutuhan. Pekerjaan sampingan menjadi tempatnya menumpukan harapan ketika penghasilan dari pekerjaan utama belum mencukupi kebutuhan. Namun, bila kamu sembarangan memberikan iming-iming berupa penghasilan yang besar dalam waktu singkat, ini berpotensi mengecewakannya. Barangkali maksudmu hanya supaya ia tak ragu buat mengambil pekerjaan tersebut.

Baca juga: 3 Pekerjaan Paling Dicari Lima Tahun Ke Depan

Dilarang keras meremehkan penghasilannya dari pekerjaan saat ini

Memang betul, bahwa seseorang yang mencari pekerjaan sampingan kemungkinan besar gak puas dengan penghasilannya selama ini. Kalau gajinya dari satu pekerjaan telah besar, tentunya ia lebih suka menggunakan waktu luang buat beristirahat di rumah atau berlibur. Meski demikian, jangan jadikan fakta ini sebagai pembenaran untuk kamu meremehkan penghasilannya. Tawarkan saja pekerjaan sampingan yang ada tanpa kamu perlu menyerempet soal gajinya sekarang.

Sekian artikel tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum menawarkan pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Mendelegasikan Pekerjaan yang Tepat


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar