icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Melamar Kerja
Siker.id | 30 May 2022 14:30


Bagikan ke
Hal yang dilakukan saat melamar kerja (siker)

siker.id - Para lulusan SMK atau kuliah, selalu berbondong-bondong mencari lowongan pekerjaan. Dari mulai instansi swasta, negeri hingga multinasional. Namun mencari pekerjaan memang tidak semudah itu. Bahkan lulusan terbaik pun kadang sulit mendapat pekerjaan. Tapi jangan jadikan itu alasan untuk menyerah, ya. Justru jadikanlah ini semangat belajar agar kamu bisa menjadi lebih baik lagi, ya. Nah, biar makin semangat, yuk coba beberapa hal berikut ini.

Baca juga: 3 Persiapan Sebelum Melamar Perusahaan Besar

Terus mencari lowongan kerja

Kalau kamu masih belum mendapat panggilan kerja, jangan hanya menunggu saja. Teruslah mencari lowongan kerja dan mendaftar sampai kamu dapat panggilan. Apalagi dengan kemudahan sosial media, kamu kini lebih mudah mencari info lowongan, lho. Bahkan kini ada aplikasinya juga! Daripada hanya diam, mending manfaatkan waktumu untuk mencari lowongan, deh! Karena semakin sering kamu mencari dan mendaftar, akan semakin besar juga peluangmu untuk diterima.

Perbanyak ikut kelas atau seminar

Ingat, dalam mencari pekerjaan janganlah cepat menyerah. Apalagi kalau kamu fresh graduate atau baru lulus. Ibarat anak bayi baru lahir, pasti masih perlu belajar banyak hal agar bisa bertahan hidup di dunia. Begitu juga di dunia kerja, guys! Manfaatkan waktu senggangmu dengan ikut seminar atau pelatihan yang kamu suka. Kamu boleh juga kok mengikuti kursus di luar jurusan kuliahmu. Apalagi sekarang sudah banyak kursus lewat online bahkan ada pula yang gratis. Jadi, jangan sampai waktumu malah terbuang sia-sia, ya!

Baca juga: Tips Melamar Kerja si IPK Kecil

Perbaiki soft skill

Soft skill adalah bakat yang biasanya dikaitkan dengan lingkungan bersosial. Misal seperti kemampuan berkomunikasi, sopan santun, disiplin, hingga etos kerja. Tentunya hal ini hampir tidak ada sekolah atau kursus secara khusus. Tapi kamu harus mengasahnya sendiri. Kamu bisa baca buku self improvement, belajar disiplin sendiri, hingga mencoba magang terlebih dahulu.

Sekian artikel tentang hal yang bisa dilakukan saat melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Penyebab Terkena Blacklist saat Melamar Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar