3 Perilaku yang Bisa Memicu Stres Berat
Siker.id | 30 May 2022 13:00


Bagikan ke
Perilaku pemicu stres berat (siker)

siker.id - Stres merupakan suatu emosi negatif yang dialami seseorang secara berlebihan, hingga mengacaukan beberapa aspek kehidupan. Kondisi yang seperti ini, biasanya memunculkan banyak gejala seperti, mudah marah, sering gelisah, produktivitas menurun, kualitas dalam bekerja menjadi rendah, dan sebagainya. Tanpa kamu sadari, ternyata ada beberapa perilaku sehari-hari yang bisa membuatmu stres tinggi, bahkan hingga mencapai tahap depresi. Nah, agar hal-hal yang tak diinginkan terjadi, cobalah renungkan lagi, apakah dalam menjalani keseharian, kamu berperilaku seperti berikut ini? Jika iya, segeralah ubah kebiasaanmu. Berikut penjelasannya!

Baca juga: 3 Tips Atasi Stres Berat akibat Kehilangan Pekerjaan

Memiliki pola pikir negatif

Perilaku berikutnya, yang dapat memicu seseorang mengalami stres yaitu, memiliki pola pikir negatif. Pikiran yang negatif berdampak buruk pada caramu dalam berpikir, baik tentang dirimu sendiri, orang lain, bahkan hingga segala hal yang kamu jalani. Jika pikiran negatif terus kamu lakukan, maka kamu akan memiliki pandangan yang negatif terhadap diri sendiri, dunia dan segala isinya. Kenali perilaku ini, jika kamu kerap memusingkan hal-hal sepele, lalu membayangkannya menjadi hal yang sangat rumit, hingga pikiranmu mengganggu segala aktivitas yang kamu jalani, sebaiknya hentikan perilaku ini mulai sekarang.

Memikirkan permasalahan tanpa berusaha mencari solusinya

Memikirkan dan menganalisis suatu permasalahan itu baik dan memang perlu. Tetapi, jika kamu setiap hari terus merenungkan permasalahan, tanpa berusaha mencari dan menemukan solusi yang tepat, itu hanya akan membuatmu stres berkepanjangan. Masalah akan selalu ada dalam kehidupan, dan itu adalah hal yang perlu dipecahkan. Caranya adalah dengan mencari solusinya. Perilaku memikirkan masalah secara terus-menerus, tanpa ada upaya mencari cara untuk memecahkannya, itu malah akan menimbulkan masalah baru nantinya.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Stres Kerja

Membayangkan ketakutan secara berlebihan

Perasaan takut adalah hal yang wajar dan bisa dialami oleh manusia. Akan tetapi, perilaku membayangkan ketakutan secara berlebihan, itu jangan kamu lakukan, karena perilaku ini memicu stres dalam diri. Segala hal yang berlebihan, pasti mengakibatkan sesuatu yang memiliki dampak negatif. Jangan terus-menerus membayangkan dan mengembangkan rasa takutmu. Beranilah menghadapi segala hal yang membuatmu ketakutan. Awalnya, memang sulit, tapi jika kamu terus menghadapinya, maka kamu akan terbiasa dan rasa takutmu bisa menghilang secara perlahan.

Sekian artikel tentang perilaku yang bisa memicu stres berat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Game Penghilang Stres Saat Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar