icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Peran Editor Dalam Dunia Jurnalistik?
Siker.id | 19 Nov 2021 15:00


Bagikan ke
Berita yang sudah ditulis oleh seorang jurnalis sejatinya akan melalui proses editing oleh seorang editor. (siker)

siker.id - Dibalik buku yang sukses di pasaran, ternyata banyak pihak yang terlibat termasuk salah satunya editor atau penyunting. Sosoknya memang selalu ada dibalik layar. Kehadirannya juga kerap luput dari hiruk pikuk kehebatan sebuah buku. Tapi sesungguhnya editor adalah tulang punggung suksesnya industri penerbitan buku. Editor bertanggung jawab terhadap keseluruhan fungsi penyuntingan (editing) pada suatu naskah di perusahaan penerbitan maupun media. Sehari-hari tugasnya mencari, memperbaiki dan menerbitkan naskah tulisan maupun gambar pendukung. Dalam dunia media massa, editor kerap disetarakan dengan redaktur. Tugasnya masih sama yaitu menyunting naskah yang dikirimkan para penulis atau wartawan. Editor dalam media massa terutama cetak dan online juga bertanggung jawab atas hasil tulisan reporter yang mereka edit, pemilihan tema dan isu hingga performa berita.

Baca juga: Berikut Ini 8 Prospek Kerja Lulusan Sastra Arab

Fungsi Editor Dalam Jurnalistik

1. Memeriksa Akurturasi Kalimat

Fungsi editor jurnalistik online pertama adalah mereka harus mengecek setiap berita yang masuk yang diserahkan oleh reporter yang bertugas di lapangan.

2. Memeriksa Tata Bahasa

Fungsi editor selanjutnya adalah harus memeriksa penggunaan tata bahasa yang ada didalam sebuah berita. Beberapa kata yang biasanya di periksa tata bahasanya oleh seorang editor adalah alamat, nama orang beserta jabatan yang dimilikinya, ataupun istilah yang ada dalam bahasa Indonesia.

3. Struktur Pelaporan

Secara umum, fungsi seorang editor adalah memeriksa struktur pelaporan yang dibuat oleh reporter sebelum akhirnya diserahkan kepada administrator untuk dipublikasikan. Tugas dari seorang editor adalah memastikan bahwa berita yang akan ditayangkan memiliki struktur yang jelas seperti struktur piramida terbalik atau sejenisnya sehingga alur pelaporan jelas serta tidak membuat bingung masyarakat.

4. Melihat Gaya Penulisan

Fungsi seorang editor lainnya adalah menentukan gaya penulisan dari media massa tempatnya bekerja untuk membedakannya dari media massa yang lain.

5. Merencanakan Naskah Yang Akan Diterbitkan

Fungsi editor selanjutnya adalah orang yang membuat konsep berita yang akan disajikan. Bahkan sebelum berita dari reporter yang berada di lapangan dia dapatkan.

Baca juga: Anda Lulusan Sastra Indonesia? Simak Prospek kerjanya

6. Menyetujui Postingan Naskah

Postingan naskah yang akan diterbitkan oleh adminstrator harus melalui persetujuan editor. Inilah salah satu tugas editor terpenting dalam menjalankan tugas dan tidak menyalahi kode jurnalistik.

7. Pemberi Saran Pada Desain Cover

Tidak hanya mengatur isi dari sebuah berita yang akan diterbitkan, ternyata fungsi editor dalam jurnalistik online yang lain adalah memberikan saran kepada designer dalam pembuatan cover berita. Hal ini bisa terjadi karena editor lah yang menentukan struktur berita sehingga editor sangat mengerti berita yang akan ditayangkan.

8. Mengatur Deadline

Fungsi editor dalam jurnalistik online selanjutnya adalah menentukan deadline dari sebuah berita. Ini karena jurnalistik online merupakan tipe jurnalistik yang beritanya selalu update setiap jam. Kecepatan update berita inilah yang menjadikan berita-berita jurnalistik online lebih segar atau update di bandingkan dengan media massa yang tidak online.

Keterampilan dan Pengetahuan Editor

• Menguasai ejaan merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seorang editor, sebab penyuntingan naskah selalu berurusan dengan hal terseut.

• Menguasai tatabahasa. Selain ejaan, seorang editor juga harus punya kapasitas di bidang tatabahasa, yakni semua hal yang menyangkut kata dan kalimat.

• Memahami gaya penulisan dan kutipan

• Memiliki kepekaan bahasa, Maksudnya editor harus peka dan tahu mana kalimat yang kasar dan kalimat yang halus, mana kalimat yang perlu dipakai dan kalimat yang perlu dihindari

• Editor harus memahami desain dan dapat mengoperasikan Microsoft Office. Dari segi kualifikasi, rata-rata untuk bekerja di peran ini dibutuhkan pendidikan di bidang jurnalistik.

• Selain itu, pengetahuan dalam bidang tertentu juga diperlukan.

Sekian artikel tentang tugas editor dalam jurnalistik online. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Sastra Belanda?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar