4 Tips Untuk Memulai Bisnis Coffee Shop
Siker.id | 30 May 2022 17:00


Bagikan ke
ilustrasi gambar coffee shop (freepik/siker.id)

siker.id - Kepopuleran kopi merupakan salah satu hal yang menarik bagi banyak pengusaha Indonesia untuk memulai bisnis kopi, seperti kedai kopi hingga kafe yang kekinian. Bisnis kedai kopi atau coffee shop merupakan peluang besar dan menjanjikan. Namun, itu semua tergantung bagaimana cara Anda mengelola dan mengembangkannya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda yang akan memulai bisnis coffee shop atau kedai kopi. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Alasan jangan Merekrut Anggota Keluarga dalam Bisnis

1. Target Konsumen

Sebelum memulai, Anda juga harus memikirkan dan menentukan siapa target yang cocok untuk bisnis kedai kopi Anda. Setelah menentukan target konsumen, Anda juga harus mulai menganalisanya, dari berapa penghasilannya, apa pendapat mereka tentang cita rasa kopi, dan apa pekerjaan mereka.

Memahami konsumen dengan baik, berarti Anda dapat menentukan strategi yang tepat seperti lokasi bisnis, desain coffee shop yang cocok, harga yang pas, dan lain sebagainya.

2. Mencari Supplier Bisnis Kedai Kopi

Mencari supplier juga harus disesuaikan dengan target konsumen yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda menentukan bahwa target konsumen Anda adalah kelas menengah ke bawah, berarti Anda dapat mencari supplier dengan mudah di pasaran. Jadi, cobalah cari supplier kopi yang bisa memberikan kualitas baik dengan harga yang cocok.

Baca juga : 5 Media Sosial Terbaik Untuk Promosi Bisnis

3. Lokasi Bisnis

Apapun bisnis yang dijalankan, lokasi strategis adalah salah satu hal yang dapat menentukam apakah bisnis Anda akan berkembang. Misalnya, Anda menggunakan konsep kedai kopi sederhana, berarti Anda harus memilih lokasi yang berdekatan dengan banyak orang.

Namun, jika Anda menggunakan konsep kafe, Anda dapat mencari lokasi yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya.

4. Promosi Bisnis

Promosi bisnis ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan strategi word of mouth, me-review kedai kopi Anda melalui social media, atau memberikan diskon harga kepada konsumen Anda di hari-hari spesial seperti ulang tahun, hari natal, dan lain sebagainya.

Selain promosi bisnis, Anda juga harus terus berinovasi untuk terus mempertahankan eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis.

Demikian beberapa tips di atas tadi untuk Anda yang akan memulai bisnis coffee shop, selain itu Anda harus bisa mencocokkan konsep bisnis Anda dengan target konsumen. Seandainya target konsumen Anda generasi milenial, pastinya konsep kedai atau kafe Anda harus yang kekinian serta cocok untuk membuat konten foto maupun video.

Sekian artikel ini, semoga membantu dalam memulai bisnis Anda. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Mulai Bisnis meski Masih Bekerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar