3 Skill Yang DIperlukan Untuk Business Development
Siker.id | 30 May 2022 13:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.idBusiness development merupakan sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang dari sebuah perusahaan melalui pengembangan relasi bisnis, pasar, dan pelanggan. Perlu kamu ketahui bahwa business development dan sales adalah dua hal yang berbeda. 

Nah, dibawah ini ada beberapa skill yang harus dimiliki dan diperlukan jika menjadi seorang business development.

Baca juga : 3 Skill yang Wajib Rutin untuk Diupgrade

1. Komunikasi

 

Baik itu dalam sales maupun BD, mampu berkomunikasi secara baik dengan konsumen dan klien adalah sebuah kewajiban. Seorang BD yang baik harus bisa menyampaikan sesuatu baik itu secara verbal atau tertulis dengan baik, dan juga mendengarkan secara sungguh-sungguh.

2. Menjaga hubungan baik dengan konsumen

Menjaga hubungan baik dengan konsumen dan klien tentu adalah hal yang sangat penting dan mendasar.  Sama seperti website, kamu tidak ingin churn rate yang tinggi. 

Dalam dunia sales dan BD, churn rate adalah persentase konsumen dan klien yang berhenti membeli atau menggunakan produk dan juga layananmu. Pasti kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Baca juga : 4 Skill Penunjang Bagi yang Bekerja Bidang Keuangan

3. Negosiasi

 

Seorang salesperson harus mampu bernegosiasi untuk mencapai hasil akhir yang menguntungkan bagi perusahaan dan juga konsumen. Sama halnya dengan BD yang harus meyakinkan klien untuk berinvestasi dan memberikan bantuan dalam bentuk apa pun itu. 

Hal ini bisa dilakukan dengan membangun kepercayaan dengan pihak kedua dan menunjukkan bahwa apa yang kamu minta juga dapat menguntungkan bagi mereka.

Demikian di atas tadi adalah beberapa skill yang diperlukan ketika kamu ingin atau menjadi seorang business development, kamu juga harus bisa mengatur waktu dengan baik karena jangan sampai saat kamu bertemu klien lalu kamu tidak on time.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya! Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Skill Freelancer Yang Wajib Dimiliki


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar